Friday, February 05, 2016

Cernak, 7 Februari 2016

Festival Musim Semi


Sung-Li dan tiga putrinya  telah menunggu datangnya  Festival Musim Semi selama tiga bulan.


"Mama, kita bisa memiliki kue bulan?" Ming-Mei melingkarkan lengannya ke samping dan menari-nari di sekitar ruangan.
"Saya suka kue bulan, Mama."
Ming-Li tertawa. "Mama, bisa kita memilih bunga sakura dan membawa tas rumah?"
"Mama, saya ingin membeli kandang jangkrik dan lampion." Ming-Su meraih tangan kakaknya dan menari bersamanya.
"Kami akan pergi ke Festival Musim Semi!"
Sung-Li tersenyum  melihat tiga anak-anaknya. "Ming-Mei, kamu dapat memiliki semua kue bulan yang kamu inginkan. Ming-Li, kamu dapat memilih dua kantong bunga sakura  yang kamu  inginkan dan Ming-Su, Anda dapat memiliki jangkrik di sangkar emas. Aku akan memiliki lentera Cina untuk diriku sendiri. Sekarang, mari kita pergi ke festival."
Sung-Li meraih tangan Ming Mei. Ming-Mei memegang tangan ming-Li dan Ming Li menggandeng Ming-Su. Bersama-sama mereka berjalan ke taman.
Lentera Cina tergantung dari setiap pohon. Hijau, oranye, ungu dan biru yang menari-nari di angin, lilin dalam berkedip-kedip. Pohon-pohon yang penuh bunga merah muda yang memenuhi udara dengan manis, aroma bunga.
"Saya ingin pergi dan mencari jangkrik," kata Ming-Su. Dia melepaskan tangan Ming-Li dan lari.
"Tunggu! Ming-Su. Kembalilah. "Ming-Li berteriak adiknya. Ming-Su tidak mendengarkan. "Mama! Mama! Ming-Su lari untuk mencari jangkrik. Dia hilang. Apa yang harus kita lakukan?"
Sung-Li mengerutkan kening.
"Kalian berdua tinggal di sini, di dekat lentera ini. Aku akan pergi dan mencari Ming-Su." Mama meninggalkan kedua gadis kecilnya dan pergi mencari putrinya yang hilang.
"Aku ingin tahu apakah dia melukis sebuah gulungan." Sung-Li mencari booth di dekatnya di mana anak-anak melukis gulungan dengan tinta hitam. Dia tidak ada di sana.
"Aku ingin tahu apakah dia pergi untuk mencari sesuatu untuk dimakan. Mungkin aku harus membeli gadis-gadis beberapa Jiaozi, pangsit kukus, atau puding beras ketan manis yang disebut nian gao. Aku harus membeli Ming-Mei kue bulan. "Sung-Li berjalan sekitar untuk waktu yang lama. Akhirnya dia melihat Ming-Su berdiri di depan kandang jangkrik.
Ming-Su melihat ibunya. "Oh, Mama. Lihatlah jangkrik. satu ini bernyanyi dan dalam sangkar emas yang indah. Dapatkah saya memilikinya, Mama? "
Sung-Li dimarahi putrinya.
"Ming-Su, kami  khawatir tentangmu. Kamu berlari tanpa memberitahu kami akan pergi ke mana.
"
"Maafkan aku, Mama. Aku begitu bersemangat untuk memiliki jangkrik. "Ming-Su cemberut.
"Baiklah, Ming-Su.
Kamu boleh membeli jangkrik, tapi berjanji untuk tetap bersama saudara-saudaramu."


"Saya berjanji, Mama."

Beberapa menit kemudian mereka tiba kembali di lampion.
"Mama, Ming-Su, kau kembali. Kami khawatir."Ming-Li memeluk adiknya.
"Lihat apa yang Mama belikan?
Ini jangkrik. Aku akan memanggilnya Chang. "Ming-Su mengangkat kandang jangkrik.
"Anak-anak, ayo kita akan pergi sekarang dan membeli Ming-Mei  kue bulan." Sung-Li memimpin mereka di rumput. "Berapa banyak yang kamu mau, Ming-Mei?"
"Saya ingin lima , Mama." Ming-Mei begitu gembira ketika Mama membelikannyal. "Mama, aku ingin memberikan satu untuk Ming-Li dan satu untuk Ming-Su dan  satu untuk Mama. Saya akan memiliki dua untuk diriku sendiri."
"Itu sangat baik, Ming-Mei.
Sekarang, kita akan pergi dan mengisi kantong bunga sakura dari Ming-Li." Sung-Li memimpin anak-anaknya ke pohon. Ribuan bunga merah muda jatuh ketika angin bertiup. Gadis-gadis kecil berlari di sekitarnya mengumpulkan dengan genggaman tangan mereka.
"Cantik," kata Ming-Li.
"Aku menyukainya."
Mereka mengisi empat kantong dengan bunga sakura..
"Aku punya bunga sakura saya.
Ming-Mei memiliki pai bulan dan Ming-Su memiliki jangkrik. Bagaimana dengan  Mama?"
"Aku akan membeli lampion merah.
Ini akan cocok gaun kita. "Sung-Li memilih lampion terbesar. "Ini saatnya untuk pulang sekarang. Apakah kalian siap?"
Tak satu pun dari mereka benar-benar ingin meninggalkan. "Tidak bisakah kita tinggal dan menonton kembang api malam ini, Mama?" Ming-Mei memohon.
"Kembang api?
Tentu saja. Mari kita ke rumah dulu dan  makan malam, kemudian  datang kembali  ke sini nonton kembang api. Mungkin nanti akan ada barongsai. "Sung-Li tersenyum dan mengajak anak-anaknya ke  rumah.
Malam itu mereka kembali ke taman. Mereka duduk di rumput dan menyaksikan naga panjang datang ke arah mereka, meniup kembang api dari hidungnya. Ledakan,  tepukan gemuruh asap berlangsung selama beberapa jam. Ketika itu selesai, Mama membawa anak-anaknya pulang.  




"Mama harap kalian semua senang di Festival Musim Semi tadi," kata Mama menjelang tidur.

Semuanya menjawab," Ya, kami senang."


"Selamat malam, Mama."

No comments: