Friday, April 08, 2016

Hore 10 April 2016


Ingin Belajar Balet?


Tarian balet pertama kali dipertunjukkan pada awal tahun 1600an, dan pertunjukan awal kesenian yang elegan dan anggun ini dilakukan menggunakan rok panjang dan boneka kayu. Tarian balet sangat terkenal di seluruh dunia, dan belajar menarikannya bisa membantu pembentukan tubuh yang kuat, membangun kesadaran spasial dan temporal, serta meningkatkan koordinasi.

Lakukan peregangan seluruh otot tubuh 
Peregangan sangat penting untuk mengendurkan dan memperkuat otot, serta memperpanjang postur tubuh. Peregangan sangat penting dilakukan pada awal setiap sesi balet, termasuk sebelum pertunjukan. Terkadang juga penting melakukan peregangan setiap hari selama paling tidak 10 - 15 menit untuk memberikan kesempatan pemanasan otot, sehingga mengurangi risiko cedera. Kita juga harus melakukan peregangan untuk pendinginan setelah selesai menari balet.


Selalu kenakan sepatu balet
Sepatu balet yang cocok harus pas tetapi tidak ketat sehingga menghambat aliran darah dan membuat kaki terasa kebas. Ada beberapa gaya dan jenis sepatu balet, jadi tanyakan pendapat pelatih, atau penjual sepatu balet untuk mendapatkan sepatu yang cocok dengan tujuan menari.
  • Jangan beli sepatu yang longgar, karena kaki akan tampak bengkok di ujungnya dan terlihat datar. Sepatu yang dikenakan harus pas saat talinya diikat sedikit longgar. Tali hanya membantu agar sepatu lebih pas, tetapi bukan dibuat untuk mengencangkan sepatu yang terlalu longgar.
  • Jika tidak bisa membeli sepatu balet, tidak apa-apa. Kenakan kaus kaki tanpa perekat di dasarnya, sehingga  bisa membaliknya!

Kenakan pakaian senam yang pas dan nyaman. 
Hal yang paling penting adalah  merasa nyaman, dan jangan mengenakan pakaian yang longgar sehingga kita bisa memastikan bahwa posisi dan gerakan dengan benar di cermin. Atasan senam berwarna hitam dan celana ketat berwarna merah muda biasanya adalah pilihan yang tepat. Sepatu balet hitam atau merah muda juga cocok untuk digunakan.
  • Jika  mendaftar di kelas balet, tanyakan pada pelatih jika ada seragam di kelas tersebut. Beberapa sekolah balet mengharuskan siswanya berpakaian seragam dan sekolah lainnya mungkin hanya meminta pakaian ketat dan terkadang rok balet. Sebagian besarnya, mereka mengharuskan pakaian ketat sehingga otot Anda bisa terlihat apakah bergerak dengan benar dan seterusnya.
Cari tempat yang cocok untuk berlatih. 
Balet bukanlah hanya sekadar belajar bergerak dan tetapi jauh lebih pada penyempurnaannya. Gerakan balet sendiri relatif jelas, tetapi pengambilan posisi, waktu, dan keanggunannya membutuhkan latihan seumur hidup. Untuk alasan ini, selalu lebih baik berlatih balet di studio dengan arahan pelatih yang baik, yang akan membantu memperbaiki posisi dan memastikan kita menari dengan benar. Studio tari juga dilengkapi dengan cermin untuk memperbaiki posisi dan melihat apa yang kita lakukan dengan tepat, dan pegangan horizontal untuk berlatih.
  • Jika ingin berlatih di rumah, pastikan  memilki ruang terbuka yang cukup besar agar dapat bergerak dengan bebas, lebih baik lagi di atas lantai kayu keras. Punggung kursi bisa menggantikan pegangan di studio. Letakkan cermin besar sehingga bisa memeriksa posisi dan melihat apa yang  lakukan.

 Selamat berlatih, ya.

No comments: