Friday, June 17, 2016

Hore 19 Juni 2016

Yuk, Membuat Kolak Pisang


Taukah  Berbuka Puasa dengan Kolak ternyata memiliki manfaat kesehatan loh. Makanan apa yang biasa kamu sanap saat berbuka puasa? Hmm, kebanyakan dari kita menyukai takjil atau makanan ringan untuk berbuka puasa.

Di luar sana, takjil bermacam-macam jenisnya, ada Kolak Pisang, Kue, Es Buah, dan masih banyak lagi. Dari sekian banyak macam takjil tersebut, manakah yang paling sering anda jadikan sebagai teman berbuka puasa? Yap, Kolak Pisang adalah takjil yang paling populer dan paling sering dijadikan sebagai teman berbuka puasa. Namun tahukah  kalau ternyata kolak pisang memiliki manfaat kesehatan terutama bagi orang yang sedang berpuasa?



Kolak Pisang merupakan salah satu jenis makanan yang sangat mudah dijumpai di seluruh penjuru Indonesia. Apalagi saat bulan puasa tiba, Kolak Pisang merupakan salah satu makanan yang paling sering dijadikan sebagai teman berbuka puasa. Sejak kapan kebiasaan ini ada, masih belum bisa dijawab dengan pasti. Namun, jika kita bertanya dari Sabang sampai Merauke, pasti semua orang mengenal dan pernah makan Kolak Pisang ini.

Kolak pisang menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dijadikan sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa, karena rasanya yang manis, dan cukup untuk mengganjal perut yang seharian tidak mendapat asupan makanan. Sehingga dengan mengkonsumsi Kolak Pisang, kita tak perlu langsung memakan nasi agar tidak kekenyangan, yang dapat mengganggu ibadah sholat kita nantinya.

Seperti namanya, Kolak Pisang berbahan dasar buah pisang, yang manfaat dan khasiatnya sangat banyak untuk tubuh kita. Pisang memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk pencernaan kita. Selain itu, pisang juga mengandung kalium, mineral, karbohidrat, protein, serta kalsium. Dalam satu buah pisang, terdapat kandungan kalori sebesar 800-1000 kalori, dan juga kalium sebesar 500 mg. Kalori mempunyai tugas sebagai sumber energi, sementara kalium membantu menyeimbangkan kadar cairan di dalam tubuh.

Selain pisang, biasanya Kolak Pisang dibuat dari campuran gula aren, santan, kolang-kaling, dan juga dimasak bersama dengan daun pandan yang khasiat dan manfaatnya sudah tidak diragukan lagi. Agar mendapatkan manfaat dari Kolak Pisang yang optimal, sebaiknya buatlah kolak dengan tambahan gula aren, bukan dengan gula pasir. Karena Kolak Pisang yang menggunakan tambahan gula aren ternyata memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk menetralkan asam lambung.

Ternyata, dibalik kepopulerannya, Kolak Pisang memiliki sejuta manfaat yang baik untuk tubuh kita, terutama bagi kita yang sedang berpuasa. Nah, setelah kita mengetahui Manfaat Kolak Pisang, kini kita tak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsinya sebagai takjil.



Resep Kolak Pisang Special 

-1 kg pisang yang sudang matang (bisa memakai pisang tanduk, pisang kepok, pisang raja, dsb)
-gula pasir/gula putih, 1 ons
-gula merah, 1 ons
-1 ons kolang-kaling, dibersihkan dan dibelah dua
-daun pandan, 2 lembar dicuci bersih
-santan instan, 65 ml
-3 gelas air (720 ml), untuk kuah kolaknya

Cara Membuat Kolak Pisang :

1. Pertama-tama potong pisang bentuk miring atau sesuai selera, sisihkan.
2. Kemudian rebus gula merah hingga mencair, saring.
3. Rebus saringan gula merah tadi bersama dengan gula pasir/gula putih, aduk-aduk hingga tercampur.
4. Masukkan air, pisang tanduk, rebus hingga pisangnya berubah warna.
5. Masukkan juga santan, daun pandan, kolang-kaling, kemudian aduk-aduk.
6. Masak hingga matang, kemudian angkat.
7. Kolak Pisang siap disajikan.

No comments: