Saturday, August 11, 2007

Hore, BP 12 Agustus 2007


Pilih-pilih Bimbel, Yuk!

Hai teman-teman, bagaimana kelas baru kalian sekarang? Menyenangkan? Bagaimana dengan pelajarannya? Semoga kalian tetap bias menikmati pelajaran yang baru. Jika kalian menemui kesulitan dalam belajar, jangan malu-malu bertanya dengan guru kalian atau orangtua kalian.

Memang, ada juga guru yang sibuk sehingga sering kali menjelaskan pelajaran tidak sampai kita mengerti. Akhirnya kita harus mencari tahu ke tempat lain. Di rumah, kalau ada kakak yang bias membantu akan lebih baik. Tapi kalau tidak ada bagaimana? Juga kalau orangtua kita sibuk dengna pekerjaan mereka.

Nah, salah satu cara yang dapat membantu kita belajar dengan baik adalah ikut les atau bimbingan belajar di tempat-tempat yang kini banyak tersedia. Tapi, kita tetap harus teliti tempat untuk les atau bimbingan belajar itu. Terutama bagi kalian yang duduk di kursi kelas 6 karena harus menghadapi ujian akhir. Buat teman-teman yang bingung menentukan tempat Binbel, ini ada beberapa tips yang mungkin akan lebih memudahkan kamu menentukan pilihan.

Kumpulkan Informasi

Cari informasi di mana tempat Bimbingan Belajar (bimbel) diselenggarakan. Kamu bisa mencarinya melalui koran atau media massa yang lain. Sebaiknya, kumpulkan sebanyak-banyaknya dulu bimbel yang kamu tahu, lalu kelompokkan mulai dari yang jaraknya dekat rumah atau sekolahmu, sampai yang paling jauh dengan rumah atau sekolahmu. Cobalah untuk membanding-bandingkan satu sama yang lain anatra kekuarangan dan kelebihan. Sebaiknya, bimbel yang kalian pilih dekat dengan rumah atau sekolah sehingga kamu tidak capai di tengah perjalanan karena harus bolak-balik sekolah, bimbel dan rumah.

Fasilitas

Perhatikan fasilitas yang bakal kamu dapatkan dari iklan bimbel tersebut. Tapi ingat, Jangan mudah terpengaruh penawaran-penawaran yang diberikan dalam iklan. Bimbel yang baik memiliki ruangan yang nyaman untuk belajar. Kalau tidak ada AC, sebenarnya tidak masalah kalau ruangannya mempunya sirkulasi udara yang baik. Tak lupa penerangan yang baik pula. Sebaiknya ikuti bimbel yang kelasnya tidak terlalu banyak peserta. Karena kalau terlalu banyak, nanti suasana belajar akan mirip dengan sekolah kalian.

Selain itu, bimbel yang kalian pilih harus mempunyai guru yang berpengalaman di bidangnya. Guru bimbel harus mempunyai kemampuan lebih baik dari pada guru di sekolah kita sehingga dia akan menjelaskan suatu materi pelajaran yang sulit yang tidak kita mengerti saat dijelaskan guru di kelas.

Minta Pendapat

Pelajari informasi mengenai bimbel tersebut dengan seksama. Tanyakan pada guru atau teman yang mungkin tahu tentang keberadaan binbel tersebut. Minta pertimbangan orangtua sebelum mengambil keputusan memilih tempat yang diinginkan. Biasanya orangtua kita akan ikut pula mencari bimbel yang baik. Orangtua kita bsia bertanya ke teman-temannya atau mungin mengajak kita mendatangi tempat-tempat bimbel itu.

Jika ada temanmu yang sudah belajar di bimbel itu kalian akan lebih mudah menilai. Apakah teman kalian setelah mengikuti bimbel itu nilai-nilai pelajarannya membaik. Kalau memang membaik, maka kamu dapat mengikuti jejak temanmu. Jangan asal-asalan mengikuti jejak temanmu, karena kalau hanya ikut-ikutan belum tentu nanti kamu betah.

Metode Belajar

Mintalah informasi selengkap-lengkapnya mengenai metode belajar atau penyelesaian soal yang diterapkan di setiap bimbel. Biasanya bimbel yang baik mempunya metode khusus untuk menyerap pelajaran dengan cepat dengan mudah. Ada yang menggunakan metode asosiasi ada juga yang menggunakan metode kumon.Intinya, kalau metodenya sama dengan di sekolah, berarti bimbel itu bukan untuk kita pilih.

Bimbel yang bagus biasanya akan memberi kesempatan pada kalian untuk mengikuti percobaan selama sehari untuk mencoba metode mereka. Atau kalian bias juga bertanya-tanya pada peserta bimbel tersebut, seberapa jaug sih metode di bimbel itu bias membuat mereka lebih hebat mencerna pelajaran.

Biaya

Pilihlah tempat bimbel yang sesuai dengan kemampuan/kondisi keuangan. Salah satu alas an untuk memilih bimbel yang dekat rumah atau sekolah, kita tidak perlu mengeluarkan ongkos tamabahan. Oh iya, tidak semua bimbel yang bagus itu mahal. Banyak lho bimbel yang bagus dan terkenal tapi emmasang tariff murah.

Perhatikan pula paket-paket kelas pilihan di bimbel itu. Ada paket murah yang biasanya jumlah waktu pertemuannya lebih singkat dalam seminggu, misalnya dua jam. Ada juga paker mahal yang waktu pertemuannya lebih lama, misalnya 8 jam dalam seminggu. Kalian bias mencoba dulu untuk mengambil paket yang murah. Jika kalian cocok dan ingin meneruskanya bias mengambil paket mahal. Atau kalian baru mengambil paket mahal nanti begitu waktu ujian makin dekat.

Nah, mudah-mudahan tips di atas bisa membantu teman-teman agar tidak bingung memilih bimbingan belajar. Oh iya, sebenarnya untuk menajadi anak pandai juga tergantung tekad kalian juga lho. Biar kalian ikut bimbel, tapi kalian malas-malasan, mungkin akan percuma. Semoga belajar kalian sukses ya!

(benny rhamdani)

No comments: