Friday, November 28, 2008

Hore, 30 November 2008

Mengenal Sosok Fiktif Vampir


Kalian pernah melihat film-film horor asing? Kalau kalian berjiwa pemberani tentu tidak akan terpengaruh menjadi penakut setelah menyaksikan film itu. Dan karena film itu sebagian besar adalah hayalan (fiktif), kita juga tidak perlu memercayai seratus persen. Termasuk kepada tokoh-tokoh horornya.


Vampir Barat


Di barat saat ini tengah digandrungi film bertema vampire. Bahkan buku-buku anak, remaja dan dewasa di sana banyak berkisah tentang vampire ini. Apa sih vampire itu?

Vampir adalah tokoh fiksi berupa setan yang suka menghisap darah manusia. Vampir umumnya diceritakan keluar dari makamnya pada malam hari. Ia menyamar sebagai kelelawar untuk menghisap darah orang-orang yang sedang tidur. Korbannya akan menjadi vampir juga.


Menurut beberapa mitos, vampir tidak tampak di cermin karena mereka tidak memiliki jiwa.Dongeng modern mengatakan bahwa vampir bisa menjelma menjadi kelelawar, serigala, bahkan gumpalan gas. Mereka mempunyai taring yang panjang untuk menggigit darah manusia. Mereka harus menjauhkan diri dari sinar matahari. Vampir dapat dibunuh dengan cara menikam jantungnya.kaum vampire memiliki satu musuh yaitu werewolf (manusia serigala).


Vampir Cina


Untuk vampire di film-film berbahasa mandarin ini kerap disebut sebagai jiang-shi. Sebenarnya cerita tentang vampire ini merupakan semacam cerita legenda di masyarakat. Memang ada literatur sejarahnya namun cuma tercatat di dalam sejarah tidak resmi jadi cuma berupa catatan pengalaman dari seseorang. Perlu diketahui, catatan sejarah di Tiongkok dibagi atas 2 bagian besar, catatan resmi dari kamar sejarah kekaisaran dan catatan tidak resmi yang sumbernya dari masyarakat. Yang terakhir ini disebut "Wai-shi" atau "Ye-shi" yang artinya Catatan Tak Resmi.


Vampire dalam kebudayaan Tionghoa sebenarnya adalah sebutan untuk jenazah yang dikuburkan di tempat yang sangat kering, kurang lembab untuk memungkinkan organisme kecil membusukkan jenazah sehingga beberapa tahun berlalu, jenazah tadi tetap saja seperti sediakala. Jenazah seperti ini mengandung dan menyebarkan sejenis racun. Ini tidak heran karena mayat biasapun memang mengandung racun.


Karena ketakutan psikologis masyarakat zaman dulu terhadap kegelapan, kemudian ada cerita bahwa jenazah tadi dapat bangun dan mencari mangsanya berupa manusia hidup untuk dihirup darahnya dan dimakan dagingnya. Bila terkena racun jenazah tadi, korbannya juga akan menjadi vampire sejenis. Hal ini lumrah dalam kehidupan masyarakat zaman dulu dan ada di kebudayaan manapun tidak terkecuali.


Pakaian vampire hitam-hitam yang seperti kita lihat di film-film berbahasa mandarin adalah pakaian pejabat kekaisaran Dinasti Qing, jadi itu cuma semacam skenario film dan bukan pakaian seragam dari vampire Tiongkok. Jadi, sampai di sini jelas sudah. Vampire melompat2 seperti yang digambarkan dalam film2 buatan Hong Kong itu tidak pernah ada dan hanya rekaan manusia saja.


Drakula


Drakula adalah tokoh fiksi ciptaan Bram Stoker dalam novelnya Dracula yang diterbitkan pada tahun 1897. Drakula adalah seorang vampir yang diceritakan berasal dari kota Transylvania yang berada di Rumania. Kelemahan Drakula ialah sinar matahari, benda terbuat dari perak, dan bawang putih. Tokoh ini kemungkinan terinspirasi Raja Vlad III yang memerintah Walakia pada abad ke-15 dengan tangan besi. Jika ada yang bertanya apa bedanya drakula dan vampire, sudah jelas bahwa drakula adalah vampire, tapi vampire belum tentu drakula.


Manusia Serigala


Manusia serigala (bahasa Inggris: werewolf) adalah makhluk siluman jadi-jadian setengah manusia, setengah serigala. Konon manusia serigala akan berubah pada saat bulan purnama tiba. Ketika itu kekuatan mistiknya mencapai pada puncaknya. Manusia serigala senantiasa memburu manusia. Barang siapa yang tergigit atau terkena cakarannya akan menjadi salah satu dari manusia serigala pula. Dia konon hanya bisa mati jika ditembak dengan silver bullet (peluru perak)manusia serigala memiliki nama lain yaitu lychantrops atau lycans dan ceritanya werewolf bermusuhan dengan kaum vampire.


Nah, di film-film Indonesia juga ada cerita-cerita horror yang mengangkat tokoh imajinasi makhluk halus. Kalian pasti apa saja, kan? Nah, sebenarnya hanya sedikit yang pernah menyaksikan sendiri kehadiran mereka, tapi kemduian dikemas dalm cerita film seperti kejadian nyata, maka jadi banyak yang percaya. Dalam agama manapun, makhluk halus memang dikenal. Tapi kita diajarkan untuk tidak takut terhadap mereka karena manusia selalu dilindungi Tuhan.

(ben)

No comments: