Saturday, November 08, 2008

HORE, 9 November 2008



Pahlawan di Sekitar Kita


Setiap tanggal 10 November bangsa Indonesia selalu memperingati Hari Pahlawan. 10 November merupakan salah satu dari hari bersejarah yang sangat penting dalam perjalanan bangsa Indonesia Pada saat itulah kita mengenang jasa para pahlawan yang telah bersedia mengorbankan harta dan nyawanya untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan.

Kenapa sih 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan? karena pada tanggal tersebut 61 tahun silam para pejuang kita bertempur mati-matian untuk melawan tentara Inggris di Surabaya.

Kalian tahu nggak Pahlawan itu apa? Pahlawan adalah orang yang berjuang karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran dan kebaikan atau pejuang yang gagah berani

Asal kata pahlawan diambil dari kata pahala. Jadi pa(ha)lawan adalah orang yang berpahala. Orang berpahala karena berbuat baik. Sehingga dapat diartikan, pahlawan adalah seorang atau orang-orang yang telah melakukan perbuatan yang baik. .

Selama ini kita mengenal Pahlawan adalah orang-orang yang berjuang melawan penjajah sebelum merdeka, seperti Imam Bonjol, K.H Hasyim As’ari, K.H Ahmad Dahlan, HOS Cokroaminoto, H.Agus Salim, Ir. Soekarno, Muh Hatta, Jend Soedirman, Bung Tomo, dan lainnya.. Mereka berani melawan penindasan dan kekejaman penjajah. Tetapi sebenarnya pada masa sekarangpun di lingkungan kita sehari-hari juga banyak orang yang bisa kita sebut Pahlawan, misalnya tukang sampah bisa disebut sebagai pahlawan lingkungan hidup. Mereka mengangkut sampah dari setiap rumah untuk dibuang ke tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA), dengan begitu lingkungan kita tetap bersih, jauh dari segala macam penyakit dan mencegah terjadinya bencana alam sepeti banjir, longsor, dsb.

Selain pahlawan lingkungan hidup, kalian juga punya pahlawan pendidikan, yaitu para guru yang setiap hari memberikan bekal ilmu pada kalian di sekolah, seperti guru matematika, bahasa Indonesia, olah raga, dsb. Mereka memiliki jasa di bidang pendidikan, sehingga kalian menjadi pintar dan kelak menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Ada juga pahlawan lalu lintas, yaitu pak polisi yang selalu mengatur lalu lintas di jalan raya, bahkan ketika adanya kemacetan, polisilah yang mengatur ketertiban kendaraan , sehingga lalu lintas bisa berjalan dengan tertib dan aman.

Oh iya enggak usah jauh-jauh, kalian juga memiliki pahlawan di rumah, ayah yang turut serta mengantarkan kalian menjadi anak yang pintar dengan menyekolahkan kalian, memberikan bimbingan, mengajarkan tentang kebaikan dan keburukan, sehingga menjadi anak yang soleh dan berguna di masyarakat.

Jadi orang-orang seperti pak polisi, guru, tukang sampah, orang tua adalah sebagian dari orang-orang yang bisa kita sebut sebagai pahlawan, karena mereka telah berjasa memberikan sesuatu yang berguna, itulah pahlawan.

Kalian juga sebetulnya bisa menjadi pahlawan, misalnya dengan membantu teman yang kesulitan dalam belajar, melerai teman-teman yang berseteru, menjaga adik ketika bapak dan ibu sibuk bekerja, dsb.

Selamat berjuang untuk menjadi pahlawan di lingkungan kalian sendiri yaa…..

No comments: