Friday, July 16, 2010

HORE, 18 Juli 2010



Jangan Tegang Jadi Murid Baru




Teman-teman, apakah di antara kalian yang menjadi murid baru di awal tahun pelajaran ini? Mungkin kalian menjadi siswa baru di kelas satu SMP, atau murid pindahan di kelas lima atau enam SD di sekolah yang baru.

Banyak lho, di antara kita yang tegang saat menjadi murid baru. Pertama, takut dikerjai oleh teman-teman baru atau kakak kelas. Kedua, takut susah menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, seperti teman baru dan guru baru. Hm, karena kalian membaca tulisan ini, mudah-mudahan tidak perlu takut lagi ya. Atau kalian bisa memberi tahu teman kalian yang jadi murid baru.


Kenali Sebelumnya

Kalian akan masuk ke sekolah baru. Sebaiknya, kalian sudah mengunjungi sekolah baru kalian sebelum masuk sekolah. Kalian harus tahu letak sekolah dan kelasnya, agar di hari pertama sekolah tidak terlambat atau malah nyasar. Kalau kebetulan ada saudara atau teman yang mengenal sekolah tersebut, kalian harus mencari banyak informasi. Misalnya, soal tata-tertib di sekolah, atau kebiasaan-kebiasaan guru di sekolah baru itu.


Sebisa mungkin kalian sudah punya teman di sekolah barumu sebelum mulai masuk. Jadi, kalau kalian jadi murid baru, ada orang yang bisa kamu percaya untuk ditanyai. Bahkan, kita dapat minta tolong padanya saat menghadapi kesulitan. Dengan begitu, kamu akan merasa nyaman menjadi murid baru. Namun kalau kalian tidak punya teman sebelumnya, ya kalian juga jangan takut. Cobalah untuk mendekati ketua kelas saat masuk atau guru wali kelas kalian.


Menjaga Sopan Santun

Sebagai murid baru, kita harus selalu bersikap sopan santun di lingkungan baru. Jangan bertingkah sombong, sok tahu ataupun hal-hal buruk lainnya. Nanti kamu akan sulit diterima lingkungan barumu. Malah mungkin mereka akan memusuhimu. Wah, tidak enak, kan?


Sikap sopan santun harus kamu tunjukkan kepada teman-teman barumu, kakak kelas dan juga guru-guru. Ada baiknya, jika kamu murid baru pindahan dari luar kota, mempelajari sopan santun di kota barumu. Soalnya, ada beberapa hal sopan santun yang kadang berbeda antara daerah satu dengan yang lain.

Biasakanlah mengucapkan terima kasih bila ada teman-teman barumu yang membantumu. Jangan lupa meminta maaf bila ada perbuatanmu yang sepertinya kurang berkenan di lingkungan barumu. Tapi, tentu saja tidak usah berlebihan.


Tunjukkan Bakatmu

Meskipun kamu harus rendah hati di sekolah barumu, bukan berarti kamu harus menyembunyikan bakat dan prestasi yang kamu miliki. Tunjukkan kemampuanmu tanpa menyombongkan diri. Dengan begitu, teman-temn barumu akan mengetahui keunggulanmu. Bahkan, kepada guru-guru kamu dapat menyampaikannya. Kalau kamu memang jago menyanyi, menari atau olahraga, siapa tahu sekolah barumu membutuhkanmu.

Kamu juga harus segera mencari saluran bakat dan prestasimu di sekolah baru. Jangan sampai kegiatan menyanyimu yang dulu terhenti di sekolah baru. Coba bergabung dengan kegiatan ekstra kurikuler di sekolah barumu. Dengan menonjolkan bakatmu, orang akan semakin banyak yang mengdnalmu. Dan kamu akan semakin betah berada di lingkungan barumu itu.


Hindari Musuh

Di sekolah barumu, jangan pernah mencari musuh. Tapi jika ada orang yang tiba-tiba memusuhimu, cobalah untuk mencari tahu permasalahannya. Minta bantuan saran dari orangtua dan kakakmu. Jika diperlukan kamu juga bisa minta saran dari wali kelasmu. Kegiatan bersekolah kita jadi tidak nyaman kalau ada yang mememusuhi kita.

Berdamailah dengan musuhmu. Tapi jika mereka menolak berdamai atau bersahabat, sebaiknya kita menghindari mereka. Carilah teman-teman lain yang lebih bersahabat. Jika musuhmu melakukan hal yang mengancam keselamatanmu, segera laporkan ke guru atau orangtuamu.


Nah, kalau kalian ikuti langkah-langkah di atas, kalian nggak perlu takut jadi murid baru. Santai saja!

(Benny Rhamdani)

No comments: