Friday, February 03, 2012

HORE, 5 FEBRFUARI 2012

Lezatnya Pancake

Pancake adalah kue dadar yang dibuat dari terigu, telur ayam, gula dan susu. Bahan-bahan dicampur dengan air membentuk adonan kental yang digoreng di atas wajan  datar yang diolesi sedikit minyak. Setelah matang, panekuk bisa dihidangkan sewaktu masih hangat atau setelah dingin. Kue ini dimakan dengan tambahan mentega dan sirup mapel, selai, atau madu. Selain itu, panekuk juga sering dimakan dengan keju, buah beri, dan irisan daging.



Adonan biasanya dicampur bahan pengembang seperti baking powder, soda kue, ragi,  atau kocokan putih telur. Panekuk yang enak biasanya adalah panekuk yang "ringan" karena berisi udara yang terperangkap di dalam adonan. Adonan juga tidak terlalu banyak diaduk agar kue tidak keras. Sewaktu menuangkan adonan, wajan yang sudah panas diletakkan atas handuk atau kain basah. Suhu permukaan wajan menjadi turun, dan bagian bawah panekuk setelah matang menjadi berwarna kuning keemasan. Sebagai pengganti susu, adonan bisa menggunakan buttermilk, yogurt, atau susu kedelai.

Di seluruh dunia terdapat berbagai variasi panekuk. Poffertjes adalah salah satu variasi panekuk yang berukuran kecil. CrĂªpe adalah salah satu variasi panekuk yang dibuat menjadi lembaran yang sangat tipis. Bergantung pada tradisi setempat, panekuk ini bisa dimakan dengan menggunakan pisau dan garpu, atau dimakan dengan tangan.

Membuat Pancake

Yuk kita membuat pancake. Berani mencoba sekarang?

Bahan-bahan:
100 g tepung terigu
1 sdt penuh baking powder
50 g gula halus
200 ml susu cair
1 sdt garam
3 butir telur ayam, pisahkan kuning dan putihnya

Bahan Pelengkap:
Maple syrup
Mentega, potong-potong

Cara membuat:
a.  Aduk tepung, baking powder, gula, susu, garam dan kuning telur hingga licin dan rata.
b. Kocok putih telur hingga kaku.
c. Masukkan ke dalam adonan terigu, aduk rata.
d. Panaskan wajan dadar antilengket, olesi sedikit minyak.
e. Tuangkan 1 sendok sayur penuh adonan ke dalam wajan. Masak hingga kedua sisinya matang. Angkat.
f. Taruh di piring saji. Sajikan hangat dengan pelengkapnya.


Yang paling asyik adalah membuat toping pancake.  Kita bisa mencoba segala hiasan yang kita suka. Kalau suka buah-buahan, ayo kita tambahkan irisan buah. Kalau suka keju atau cokelat juga bisa kok.


(ben)

No comments: