Friday, July 13, 2012

HORE, 15 Juli 2012


TIPS : MENCARI TEMAN BARU DI SEKOLAH BARU

Tahun ajaran baru memang identik dengan kenaikan kelas dan lingkungan sekolah baru. Dari SD ke SMP atau dari SMP ke SMA, bisa juga pindah sekolah. Nah, ini ada tips agar punya banyak teman di sekolah baru.




Tips 1
Cari tau sebelumnya siapa aja temen-temen lama kamu yang ikut diterima di sekolah baru ini. Sehingga pada saat hari pertama masuk sekolah, kamu udah punya temen ngobrol yang kamu kenal. Tapi inget, bukan berarti kamu kemudian gak mau kenalan dengan yang lainnya dan menjadi eksklusif.

Tips 2

Jangan ragu untuk berkenalan dengan teman-teman barumu. Biasanya kalo merasa senasib jadi anak baru, pasti beban stres sebagai freshmen gak terasa. Kamu juga gak merasa sendiri di sekolah tersebut. Yang pasti, berusahalah untuk membaur dengan temen-temenmu yang lain.

Tips 3
Cari info sebanyak-banyaknya atau riset dulu sebelumnya tentang sekolah barumu. Mungkin kamu bisa mencarinya dari kakak atau temen-temen kakakmu yang bersekolah di sekolah barumu. Tanyakan terlebih dulu apa aja tradisi sekolah yang mesti dijalani oleh anak baru seperti kamu. Biasanya sih, kita bakal melalui masa orientasi alias pengenalan awal terhadap sekolah baru ini.

Tips 4
Bertingkahlakulah yang sopan, wajar dan tak menyolok. Biasanya nih, kakak kelas udah mengincar adik-adik kelas yang baru namun dirasa punya kelakuan tengil dan terlihat menyolok di antara temen-temennya.

Tips 5
Ikuti aja tahap-tahap masa orientasi di sekolah barumu dengan baik, selama hal itu masih dalam batasan wajar dan gak bertentangan dengan peraturan sekolah. Jangan membuka peluang membuat kesalahan. Apabila kita merasa ada yang gak wajar, dan tugas-tugasnya gak masuk akal, kita berhak lho untuk mempertanyakan kepada panitianya. Tentu aja dengan cara yang santun.

Tips 6
Kalo kita merasa tugas-tugas selama masa pengenalan sekolah baru udah gak wajar dan melewati norma-norma serta melanggar hak pribadi, kita bisa melaporkan hal ini ke bagian pengawas panitia masa orientasi di sekolah.

Tips 7
Perluas pergaulanmu gak hanya dengan temen-temen seangkatan. Kamu juga perlu bergaul akrab dengan kakak kelas. Soalnya, lewat pertemanan yang luas kita bisa dapat banyak manfaatnya, lho. Termasuk pinjem buku-buku yang memang kita butuhkan dan lebih tau banyak tentang lingkungan sekolah barumu.


Selamat bersekolah di tempat baru ya.

(ben/net)

No comments: