Friday, January 04, 2013

HORE, 6 Januari 2013


Menjelajah Gua

Sebuah gua adalah sebuah lubang alami di tanah yang cukup besar dan dalam. Beberapa ilmuwan menjelaskan bahwa dia harus cukup besar sehingga beberapa bagian di dalamnya tidak menerima cahaya matahari; namun dalam penggunaan umumnya pengertiannya cukup luas, termasuk perlindungan batu, gua laut.

Kata "gua" berasal dari bahasa Sanskerta guha

Karena gua baru terus dijelajahi, oleh karena itu rekor ukuran gua terus diperbaharui.
Sistem gua terbesar (dalam jarak) adalah Gua Mammoth (Kentucky, Amerika Serikat) dengan panjang 579 km. Rekor ini sepertinya tidak akan dilewati dalam waktu dekat karena gua terpanjang kedua yang diketahui berada di Pechera Optymistychna di Ukraina dengan panjang 214 km.

Pada tahun 2005, gua terdalam yang diketahui (diukur dari tempat masuk sampai titik terendahnya) adalah Gua Voronya (Abkhazia, Georgia, dengan kedalaman 2.080 m. Ini merupakan gua pertama yang pernah dijelajahi sampai kedalaman lebih dari 2 km. Gua pertama dengan kedalaman lebih dari 1 km yang pernah dijelajahi adalah Gouffre Berger yang terkenal di Perancis. Gouffre Mirolda - Lucien Bouclier gua di Perancis dan Lamprechtsofen Vogelschacht di Austria merupakan gua ke-dua dan ke-tiga terdalam dengan kedalaman 1733 m dan 1632 m, berurutan. Rekor ini telah berganti beberapa kali dalam tahun-tahun terakhir.

Rekor kedalaman gua menjorok ke bawah dipegang oleh gua Vrtoglavica di Slovenia dengan 603m, diikuti oleh gua Velebit di gunung Velebit di Kroasia dengan kedalaman 553m.
Gua terbesar yang pernah ditemui adalah Sarawak Chamber, di Taman Nasional Gunung Mulu (Sarawak, Borneo, Malaysia), dengan luas 600 m x 400 m dan ketinggian 80 m.

Gua Hotel




Turkey Garimasu Cave Hotel merupakan salah satu hotel terunik di Turki. Hotel ini menawarkan kenyamanan dan kehidupan modern di dalam arsitektur klasik. Hotel ini dibangun di dalam pahatan gua batu vulkanik. Di dalam gua itulah terdapat kamar suite hotel dan kamar mandi hotel mewah. Karena bangunannya yang terbuat dari batu, suhu di dalam ruangan menjadi relatif stabil antara 17–20 derajat Celcius. Interior hotel ini dingin di musim panas dan hangat di musim dingin.

Interior hotel klasik ini benar-benar mengagumkan. Akomodasi dan fasilitas yang ditawarkan pun termasuk mewah. Tempat tidurnya dinaungi pahatan batu asli, demikian pula dinding kamar mandi dan atapnya. Namun Anda tidak perlu takut tertimpa, karena pondasi bangunan ini sudah tahan uji. Namun tidak hanya konstruksinya yang akan membuat Anda berdecak kagum. Interiornya pun dirancang sangat khas Turki, dengan karpet-karpet lebar bermotif khas Persia, furnitur kayu yang eksotik, dan sistem pencahayaan ruang yang dramatis.

Gua Hira

Gua Hira adalah tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu dari Allah yang pertama kalinya melalui malaikat Jibril. Gua tersebut sebagai tempat Nabi Muhammad menyendiri dari masyarakat yang pada saat itu masih belum beriman kepada Allah.
Gua Hira terletak di negara Arab Saudi. Letaknya pada tebing menanjak yang agak curam walau tidak terlalu tinggi, oleh karena itu untuk menuju gua itu setiap orang harus memiliki fisik yang kuat.


No comments: