Friday, November 29, 2013

Hore, 1 Desember 2013

Hai, sudah siap menghadapi  Ujian Akhir Semester (UAS) tak lama lagi? Wuah, berart sudah waktunya mengurangi acara jalan-jalan, nonton TV, apalagi main game. Sebab jika tidak fokus belajar sejak sekarang, maka bisa saja kalian tidak bisa mengerjakan soal UAS..

Tenang, jangan gelisah. Ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar bisa melewati UASmu dengan tenang.


1. Cari teman belajar
Malas mengulas ulang materi pelajaran? Cari teman belajar yang asyik, rajin, dan kooperatif. Enggak mau juga kan kalau dapat teman belajar yang terlalu serius dan enggak bisa diajak kerja sama dalam membahas mata pelajaran? Sstt.. Anehnya, teman belajar itu kadang bukan teman yang sehari-harinya gaul bareng kamu loh.


2. Cari tempat asyik
Daripada belajar di kamar atau menunggu pulang ke rumah untuk membuat tugas, lebih baik sambangi perpustakaan. Cari satu lokasi paling strategis dan nyaman untuk kamu singgahi . Jadi, kamu dengan sendirinya akan semangat mengulang pelajaran. Nggak mau yang jauh-jauh? pindahlah ke teras rumah atau balkon rumahmu.


3. Mulai belajar kelompok
Belajar sendiri atau dengan orang yang sama setiap harinya, mungkin bisa membuatmu bosan. Coba deh cari teman-teman yang sekiranya mau kamu ajak belajar bareng setelah ngampus. Enggak mesti setiap hari dengan kelompok yang sama sih, punya satu kelompok belajar  juga bakal seru loh, apalagi kalau belajarnya di tempat favoritmu di perpustakan.


4. Motivasi dirimu
Jika kejenuhan mulai menyapamu kembali, coba motivasi dirimu sendiri. Misalnya dengan memberikan hadiah tersendiri jika kamu berhasil mendapat nilai bagus di UAS mendatang. Atau jika kamu senang menulis, kamu bisa tuliskan motivasi belajar pada secarik kertas dan menempelnya di dinding. Baca ulang motivasimu, niscaya mood belajar balik lagi kok.



5. Istirahat
Kamu mungkin kerap lupa istirahat lantaran serius belajar. Sebaiknya jangan lalaikan istirahat, masukkan poin istirahat (selain tidur) dalam jadwal sehari-harimu. Kalau bisa, luangkan waktu untuk rileks bareng teman atau keluarga.


Selamat UAS ya.

No comments: