Friday, January 22, 2016

Hore, 24 Januari 2016

Sekolah di Korea Selatan

 

 

Teman-teman, yuk kita intip dunia sekolah di Korea Selatan.

Sekolah di Korea Selatan mewajibkan siswanya belajar selama 18 jam sehari. Rata-rata sekolah masuk pukul 08.00 dan berakhir pukul 21.30. Pelajar lebih banyak menghabiskan waktunya di sekolah. Katanya, tujuan utama mereka adalah agar dapat masuk ke universitas terbaik. Akibatnya, mereka kebanyakan memilih masuk ‘hagwon’. Hagwon adalah semacam bimbingan atau pelajaran sepulang sekolah.

Di Indonesia,  kota besar seperti Jakarta  meliburkan sekolah di hari Sabtu. Tetapi di Korea, hari Sabtu tetaplah hari sekolah. Sejak 2010, barulah sekolah-sekolah Korea Selatan meliburkan sekolah di hari Sabtu. Tetapi, hanya dua hari Sabtu dalam sebulan.



Orang Korea mengatakan sangat menghormati guru mereka. Guru dianggap sebagai utusan Dewa.  Usia maksimal seorang guru adalah 65 tahun. Bagaimana dengan Indonesia?

Ada etika bersepatu di dalam kelas. Hampir sama dengan budaya sekolah di Jepang yang mewajibkan ‘uwabaki’ atau sepatu selop khusus di kelas, Korea juga begitu. Setiap siswa memang memiliki sepatu outdoor. Tetapi ketika memasuki ruang kelas, mereka harus memakai sepatu selop atau slipper seperti di rumah.

Makan siang yang lezat dan menyehatkan. Rata-rata sekolah di Korea selalu menyediakan makan siang bagi seluruh siswanya. Menu makanan selalu berbeda tiap harinya dan semuanya fresh tanpa pemanas microwave.



Toilet sekolah tak menyediakan tisu! Beberapa sekolah tak selalu menyediakan tisu toilet. Jadi, siswa harus membawa tisu sendiri. Suatu stategi agar siswa berlatih mandiri.

Seperti sekolah-sekolah di Indonesia,  sistem sekolah Korea mengajarkan siswa untuk bertanggung jawab atas perawatan sekolah mereka. Sementara petugas kebersihan cenderung melakukan tugas-tugas utama seperti membersihkan kamar mandi, membersihkan lorong-lorong, ruang kelas, tangga, dan soal memungut sampah di halaman sekolah, semua dilakukan oleh siswa di pagi hari sebelum bel berbunyi.



Kebiasaan Gosok Gigi. Setiap nonton drama Korea, kita selalu melihat adegan menggosok gigi. Faktanya, guru-guru di Korea pun selalu membawa sikat giginya ke sekolah. Kebiasaan baik ini selalu dilakukan setelah makan siang. Bersih itu sehat!

No comments: