Friday, May 26, 2017

Hore, 28 Mei 2017


Manfaat Puasa untuk Kesehatan

Puasa tidak sekadar melaksanakan kewajiban, tapi sarat dengan manfaat. Berikut enam manfaat puasa bagi kit.


• Membatasi makanan camilan.

Manfaat puasa bagi kita adalah membatasi kebiasan mencamil makanan sambil menonton TV atau main games dapat menyebabkan kita mempunyai kebiasaan sedikit-sedikit makan. Nah, di saat berpuasa, kebiasaan mencamil  ini sementara waktu dihilangkan.

• Mengontrol makan.

Saat berpuasa, kita sebenarnya tetap makan sebanyak 3 kali makan utama,  hanya saja dengan jadwal bergeser. Konsumsi makanannya pun tidak berarti dilebihkan atau dikurangi. Porsi makan kita tetap seperti biasa dengan memerhatikan komposisi gizi seimbang. Namun istimewanya, dengan berpuasa kita belajar mengontrol makanannya. Demikian manfaat puasa bagi kita yang kedua.

• Mengendalikan berat badan.

Bukan berarti berpuasa dijadikan ajang untuk menurunkan berat badan kita, lo. Tidak demikian. Tetap harus ada target yang dicapai. Artinya, orangtua harus memerhatikan asupan kalori kitanya selama berpuasa. Bagaimana caranya agar selama berpuasa kita gemuk bisa dapat diturunkan berat badannya. Juga bagi kita kurus tetap tidak membuatnya bertambah kurus. Karena itulah, berpuasa dapat membantu mengendalikan berat badan kita. Manfaat puasa bagi kita ini tentunya dengan cara yang benar.

Bagi kita yang kelebihan berat badan, hindari sajian banyak lemak (seperti junkfood) di saat berbuka atau sahur, namun sajikan  banyak hidangan sayur mayur dan buah-buahan. Pengurangan berat badan pun harus secara bertahap, tidak drastis. Jangan mengharapkan penurunan terlalu besar. Dengan berpuasa paling tidak kita dapat menurunkan BB ser 0,5—1  kg.  



• Organ pencernaan bisa beristirahat.

Selama sebulan penuh, usus yang biasanya selalu bekerja terus, diberi kesempatan untuk beristirahat. Demikian pula dengan kerja hormon-hormonnya. Tak perlu khawatir kita akan terserang mag. Sakit mag pada kita berbeda dan tak spesifik seperti halnya orang dewasa yang umumnya lantaran terlambat makan. Sakit mag pada kita umumnya lebih karena faktor makanan yang tidak sehat. Banyak mengonsumsi makanan berpengawet atau menggunakan pewarna dapat menyebabkan dinding lambung kita menjadi rusak dan kita sakit mag. Manfaat puasa bagi kita ini dapat dirasakan semua orang dari berbagai kalangan usia.

• Untuk detoksifikasi.

Di saat berpuasa, hormon dan organ tubuh tidak bekerja keras seperti biasanya. Pada saat ini tubuh juga melakukan pengeluaran zat-zat yang tak berguna lewat keringat, air seni, maupun BAB. Untuk kelancaran pembuangan zat-zat sisa tersebut hendaknya kita mendapatkan kecukupan cairan saat sahur maupun berbuka puasa.



• Kita dilatih makan pagi.

Bila kita biasanya malas-malasan untuk sarapan, maka dengan berpuasa ia dilatih bangun pagi dan makan pagi. Tentunya, kebiasaan-kebiasaan semacam ini tak hanya berlaku selama sebulan saja, melainkan menjadi kebiasaan kita di usia-usia selanjutnya. Manfaat puasa bagi kita adalah membiasakannya untuk makan pagi.


No comments: