Friday, July 21, 2017

Hore, 23 Juli 2017

Mengenal Kuku


Kuku adalah bagian tubuh manusia yang terdapat atau tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran. Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Kuku adalah bagian dari tulang bukan protein.

Pada kulit di bawah kuku terdapat banyak pembuluh kapiler yang memiliki suplai darah kuat sehingga menimbulkan warna kemerah-merahan. Seperti tulang dan gigi, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya sangat sedikit.

Pertumbuhan kuku jari tangan dalam satu minggu rata-rata 0,5 - 1,5 mm, empat kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku jari kaki. Pertumbuhan kuku juga dipengaruhi oleh panas tubuh.

Nutrisi yang baik sangat penting bagi pertumbuhan kuku. Sebaliknya, kalau kekurangan gizi atau menderita anoreksia nervosa, pertumbuhan kuku sangat lamban dan rapuh.

Cara Merawat Kuku

Rawatlah kuku dengan menggunting ketika kuku sudah panjang. Menggunting kuku secara rutin akan membuat kesehatan kuku terjaga serta terlihat bersih dan cantik. Setelah memotong kuku, cobalah untuk menghaluskan bagian ujung kuku dengan kikir.

Saat melakukan perawat kuku, jangan lupa untuk merawat bagian kutikula dengan memberikannya pelembap. Tapi ingat, jangan terlalu berlebihan dalam merawatnya. Jangan mendorong atau bahkan mengupas kutitula karena bisa merusak dan membuat kuku terkena infeksi.

Pada saat membersihkan bagian dalam kuku berhati-hatilah karena banyak risiko infeksi yang bisa terjadi, terutama ketika membersihkannya dengan alat yang berbentuk panjang dan runcing. Infeksi dapat terjadi bila jamur atau bakteri masuk ketika timbul celah antara kuku dan bantalan kuku.

Kebiasaan Menggigit Kuku



Kalian punya kebiasaan mengggigit kuku? Cobalah duduk di depan kaca dan lihat diri kalian sedang menggigit kuku untuk melihat betapa tak menariknya ini dilihat.

Cobalah memotong otong pendek kuku, dan haluskan agar tak ada pinggiran yang kasar untuk digigit. Sadari keinginan menggigit kuku dan coba menyibukkan jari dengan pulpen, manik-manik, atau sepotong lilin mainan. Coba juga kunyah  permen karet bebas gula.

Nah, semoga kuku kalian bisa terjaga dengan baik ya.

No comments: