Friday, July 06, 2007


Wisata ke Pantai


Senangnya bisa liburan ke pantai di musim liburan ini. Kita tentunya bisa bermain dan bergembira bersama teman atau anggota keluarga lainnya. Namun agar perjalanan jadi menyenangkan, ita dan orangtua perlu mempersiapkan beberapa hal.


Tentukan dulu pantai yang akan kita tuju. Pilih pantai yang aman, dengan areal pasir yang luas, dan ombak yang tidak terlalu besar. Hal ini agar kita bisa bermain di pasir dengan aman, ataupun bermain air di tepian ombak.
Ada beberapa pantai dengan pasir atau tebing karang yang terjal dengan sedikit areal pantai saja. Minta orangtua untuk menghindari pantai dengan kondisi geografis seperti ini karena cenderung berbahaya bagi kita untuk bermain di sekitarnya. Pantai jenis ini biasanya memiliki arus yang kuat dan perairan yang cukup dalam. Di pantai jenis ini, sebaiknya kita tidak berenang, tapi cukup hanya menikmati pemandangan saja.


Pilih juga pantai yang cukup populer dikunjungi orang. Pantai yang sepi dan jarang didatangi masih belum dikenal atau memang berbahaya untuk didatangi. Ingatlah untuk selalu memperhatikan tanda-tanda keselamatan yang dipasang oleh pengelola lokasi.


Persiapkan bekal dan perlengkapan yang akan kita bawa. Makanan, minuman dan perlengkapan piknik tentu tak akan ketinggalan. Tapi jangan lupakan juga untuk membawa berbagai obat-obatan yang mungkin saja kita butuhkan. Baju ganti dan handuk perlu juga kitapersiapkan. Selain kemungkinan kotor, mungkin saja kita ingin berenang di laut.

Ketika berada di pantai, selalu perhatikan anggota keluarga Anda. Jangan sampai kita berenang di pantai tanpa pengawasan orang dewasa. Jika kita tidak dilarang berenang, berarti kita harus berhati-hati juga.

Berjemur
Bersantai di bawah matahari pantai memang menyenangkan, namun kulit kita bisa terbakar sinar matahari. Sengatan matahari bisa meningkatkan resiko terkena kanker kulit. Kita tidak boleh berada di bawah sinar matahari langsung. Lindungi diri kita dengan topi dan baju lengan panjang, gunakan krim pelindung .
Jangan berjemur antara jam 11.00 hingga 15.00, ketika sinar matahari sangat merusak kulit. Jangan lupa melindungi telinga, bibir, bagian rambut, dan ujung hidung dengan sunblock. Pakailah topi dengan lidah yang lebar dan pakaian yang longgar. Kacamata dengan filter UV juga akan melindungi mata kita.
Selain bahaya terbakar matahari, keadaan terlalu panas/terik bisa menyebabkan kita terkena sengatan matahari atau sengatan panas. Kita harus menghindari aktifitas yang berlebihan pada hari yang panas. Pastikan juga untuk minum banyak cairan guna menyeimbangkan kehilangan cairan tubuh setelah berkeringat.

Bermain Pasir
Bermain pasir di pantai tentu sangat menyenangkan. Kita bisa membentuk istana pasir, bermain bola atau mencari kerang. Mirip dengan berjemur, bermain pasir juga memiliki resiko terbakar matahari dan sengatan panas.
Lindungi diri kita dengan mengoleskan krim pada kulitnya dan memakai topi ketika bermain di pasir. Jika panas sangat terik, sebaiknya kita menghentikan aktifitas ini dengan segera, dan berteduh.

Berenang
Jika kalian senang berenang, kesempatan ini tentu tidak akan dilewatkan. Ingatlah untuk selalu minta didampingi orangtua saat kita berada di air. Daripada orangtua sibuk berteriak-teriak di pinggir, melarang ini dan itu, kan?
Jika berenang di laut, waspadalah akan adanya ubur-ubur, bintang laut, batu karang, ular laut, hiu, dan ikan beracun lainnya. Kotoran manusia dan hewan membuat beberapa pantai bukan area yang baik untuk berenang atau didatangi.


Nah, ayo kita ke pantai sekarang! (benny ramdhani)

No comments: