Friday, April 20, 2012

HORE. 22 April 2012

Agar Siap Menghadapi Ujian

Awal Mei nanti, teman-teman yang duduk di kelas 6 SD akan menempuh ujian nasional. Tulisan kali ini, membantu kalian yang siap menghadapi ujian. Jika kalian belum kelas 6 SD, ada baiknya dibaca juga lho.

Curhat

Mungkin kita lagi sibuk belajar, ikut try out, tapi sempatkanlah untuk tetap ngobrol sama orangtua kita. Cobalah curi waktu orantua kita meskipun mereka sibuk. Misalanya saja, saat di meja makan atau dalam perjalanan Jika ada ganjalan di hati, jangan disimpan saja. Katakan alias curhat saja kepada orangtua. Dengan demikian kita bisa tetap konsentrasi dengan pelajaran. Masalah kecil saja, seperti bertengkar dengan kakak atau teman, bisa jadi mengacaukan konsentrasi kita lho.

Jangan berharap hadiah

Belajar adalah kewajiban kita sebagai seorang pelajar. Jadi, jangan meminta orangtua kita untuk memberikan hadiah jika nilai kita bagus. Justru kitalah yang harus memberikan hadiah kepada orangtua kita nilai yang bagus. Kalau pun ingin merayakan keberhasilan belajar kita saat ujian, minta saja Ibu memasak makanan yang kita suka. Biar hadiah itu bisa kita nikmati bersama sekeluarga. Kita akan terbiasa menjadi orang yang berharap pamirih/balas budi, bila menuntut sering menuntut hadiah kepada orangtua kita. Kecuali, orangtua kita sendiri yang memberikannya, tentu kita juga jangan menolaknya.

Tahan emosi



Menjelang ujian, biasanya orangtua kita lebih cerewet dari biasanya. Kita dengarkan saja. Biar bagaimanapun, orangtua kita ingin yang terbaik untuk kita. Tapi bila kita tidak suka, misalnya orangtua kita membandingkan dengan ank-anak lainnya, kita katakan dengan tenang. Jangan emosi karena nanti malah merusak konsentrasi kita.

Beristirahat

Belajar  menjelang ujian terkadang menguras enerji kita. Untuk itu, jangan lupa istirahat ya. Jangan sampai ketika waktunya ujian tiba, kita malah sakit. Kurangi saja hal-hal yang tidak perlu, seperti nonton teve, main game, jalan-jalan ke mall. Kalau bisa, minta bantuan orangtua mengatur jadwal kegiatan bersama.

Bangun kepercayaan diri

Cobalah meyakinkan diri untuk lebih percaya diri dengan kemampuan diri. Jangan sampai mencontek saat ujian nanti. Buang jauh-jauh kebiasaan buruk kita sebelumnya yang membuat kita kadang ragu dengan kemampuan sendiri.



Ingat makan

Jangan lupa makan lho. Karena sibuk belajar, kamu malah lupa makan. Nanti jadinya sakit. Siapkan makanan ringan saat belajar. Tapi jangan yang terlalu manis atau jajanan yang bisa merusak kesehatan kita. Buah-buahan atau masakan di rumah jauh lebih sehat.




Berdoa

Jangan lupa berdoa kepada Tuhan. Mintalah agar kita diberikan kemudahan belajar, ketenangan pikiran dan kesehatan. Biasakan berdoa sebelum belajar. Jangan takut juga meminta kepada orangtua agar mendoakan kita. Bahkan kepada saudara dan kerabat kita bisa juga didoakan agar ujian kita lancar dan meraih nilai yang bagus.


Nah, itulah yang bisa kita lakukan menjelan ujian. Mudah-mudahan tulisan ini membantu kalian. Dan semoga kalian semua lulus ujian dengan nilai yang bagus. Amin.



(ben)

No comments: