Friday, April 27, 2012

HORE, 29 APRIL 2012


Yuk, Kita Berwisata

Musim liburan belum tiba. Tapi tak ada salahnya kita mulai merencanakan wisata liburan nanti.
Berwisata memang merupakan suatu hal yang sangat kita inginkan, karena dengan berwisata kita bisa sejenak melupakan kegiatan sehari-hari. Banyak yang bilang, berwisata itu membuang uang. Tapi tidak juga lho. Kegiatan lain tidak akan pernah sebanding dengan kepuasan rohani dan jasmani yang kita dapatkan. Selain itu jalan-jalan juga bermanfaat untuk kita dalam masa pertumbuhannya.


Belajar Komunikasi dan Berbahasa.

Karena pada saat berjalan-jalan kita akan bertemu orang selain diluar rumah. Kita akan lebih berani untuk berkomunikasi dengan orang baru dan juga mengetahui perbedaan-perbedaan cara berkomunikas. Kita juga akan menyadari bahwa dunia ini terdiri dari berbagai macam jenis bahasa.
Ya, siapa tahu nanti kita teratrik untuk belajar bahasa lain. Baik itu bahasa daerah maupun bahasa asing di luar Indonesia.


Belajar Geografi



Geografi adalah ilmu mengenai alam dan sekitarnya. Percaya atau tidak, ilmu ini sangat penting untuk kita pelajari. Dan ada baiknya kita tidak hanya belajar dari buku. Tapi kita juga bisa belaar langsung dengan wisata. Kita bisa belajar tentang budaya  dan ilmu fenomena bumi seperti cuaca, iklim, geofisika dan bencana alam. Bahkan kita bisa belajar langsung tentang gunung, sungai, laut, dan masih banyak lagi.

Cobalah ingat-ingat pelajaran yang pernah kita dapat saat berwisata. Dengan begitu ilmu yang kita peroleh di bangku sekolah akan lebih mudah kita ingat.

Belajar Menghargai Perbedaan


Masih hubungan dengan belajar geografi, selama perjalanan kita pasti akan menemukan berbagai macam ras dan suku bangsa. Ya, kita tidak bisa hidup sendirian dan membutuhkan bantuan orang lain, tak peduli dari mana mereka berasal.  Selain berwisata ke mall, cobalah ke desa biar kita mengenal berbagai macam jenis profesi juga.

Dengan mengenal banyak perbedaan kita akan belajar bertoleransi. Kita juga akan banyak belajar tentang kehidupan yang luas. Cobalah mewawancarai petani, pedagang sayuran, dan sebagainya. Tulislah di buku harian atau kirimkan ke majalah dinding sekolah.



Menjauhkan dari Konsumsi Materialistis


Tahukah kalian,  anak-anak yang sering diajak jalan-jalan akan lebih pintar dibandingkan dengan yang sering diberi mainan? Anak-anak yang sering dibawa bepergian akan faham akan pentingnya pengalaman, menikmatinya dan akan terus mencari pengalaman yang baru, berbeda dengan anak yang hanya diberi mainan yang akan mudah cepat lupa dengan mainannya karena merasa bosan.

Kita bisa minta juga kepada orangtua untuk ikut dalam merencanakan dan mempersiapkan perjalanan, maka kita akan belajar bertanggung jawab terhadap pilihannya sendiri. Misalnya apa yang perlu mereka bawa dan yang tidak. 

Karena banyak manfaat yang kita peroleh, ayo kita isi liburan dengan berwisata!

(ben/net)

No comments: