Friday, September 20, 2013

Hore, 22 September 2013

Akulah si Peta!


Kalian tahu kan yang namanya peta? kalau kalian pernah nonton kartun Dora pasti tahu pula manfaat peta. Nah kali ini kita cari tahu yuk sejarah dan manfaat peta.

Peta merupakan gambaran permukaan bumi dengan skala tertentu, digambar pada bidang datar melalui sistem proyeksi tertentu.

Peta pertama ditemukan ketika dilakukan penggalian reruntuhan Kota Gasur di Babilonia. Peta ini merupakan sebuah lempeng kecil yang terbuat dari tanah liat dan diperkirakan dibuat sekitar 2500 tahun sebelum Masehi. Peta ini menggambarkan suatu lembah, gunung, dan sungai yang bercabang tiga hingga membentuk delta dan bermuara di laut atau di suatu danau.

Peta generasi kedua ditemukan di Mesir. Peta ini digambarkan di atas lembaran kertas yang terbuat dari kulit (parchment). Pada peta - peta ini diperlihatkan persil - persil tanah pertanian yang terdapat di sekitar lembah Sungai Nil dan lokasi - lokasi tambang emas di Mesir pada masa pemerintahan Rames II (1292 - 1225 sebelum Masehi).


Beberapa abad kemudian, orang - orang Yunani yang mendapatkan keterampilan kartografi hingga akhirnya dapat mengkomplikasikan peta - peta realistik yang pertama. Mereka mulai dengan menggunakan sistem koordinat segi - empat untuk pembuatan peta - petanya sekitar 300 tahun sebalum Masehi. Kira - kira 100 tahun kemudian, seorang pakar metematika, astronomi dan geografi Yunani, Eratosthenes, meletakan dasar - dasar ilmu geo desi dan kartografi. Pakar ini telah melakukan serangkaian pengamatan hingga akhirnya didapat bukti - bukti yang menyatakan bahwa bentuk bumi itu tidak datar tetapi bulat.

Selain itu Eratosthenes juga memperoleh nilai keliling bumi walaupun dikemudian hari diketahui nilainya 16% lebih besar dari hasil hitungan pada saat ini. Selain itu, makin banyak peta - peta yang dibuat dengan dasar ilmu - ilmu ini, dan diantaranya adalah peta - peta dunia pertama yang di buat oleh Claudius Ptolemaeus di Alexandria. 
 
Pengaruh kartografi dari Yunani Kuno ini demikian kuat hingga mempengaruhi sebagian dasar - dasar sistem kartografi yang ada pada saat itu, dan baru mendapatkan kemajuan yang signifikan pada abad ke-16. Merekalah yang memperkenalkan konsep - konsep bumi bulat dengan kutub - kutubnya, garis khatulistiwa dengan daerah - daerah tropisnya, sistem koordinat geografi Lintang dan Bujur, sistem proyeksi peta, dan hitungan dimensi - dimensi bumi.

 
 Manfaat Peta


Peta  merupakan alat bantu yang digunakan untuk mempelajari permukaan bumi. Melalui peta kita dapat melihat berbagai bentang alam dan budaya yang ada di muka bumi. Apabila saat ini belum ada peta, manusia akan merasakan kesulitan mengetahui tempat tinggalnya sendiri dan tempat-tempat lain di permukaan bumi. Peta, dapat memperluas pengetahuan dan peradaban manusia.

Peta adalah gambaran seluruh atau sebagian dari permukaan bumi yang dilukiskan pada bidang datar dengan perbandingan tertentu. Peta mengandung suatu informasi, artinya peta digunakan untuk menyampaikan pesan dari si pembuat peta kepada para pembaca atau pemakainya. Pesan tersebut disampaikan dengan menggunakan bahasa simbol agar lebih mudah dipahami. Kartografi adalah ilmu pengetahuan dan seni yang mempelajari tentang perpetaan, termasuk studi pembuatan peta, macam-macam peta, penyimpanan, dan pengawetan peta.

Berbagai bahasa simbol yang tertera pada peta, seperti judul, skala, tata koordinat, sangat membantu para pemakai peta untuk memahami informasi yang terdapat di dalam peta itu.

Peta memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:
1.    menunjukkan lokasi sebuah objek atau tempat tertentu
2.    memberikan gambaran secara umum tentang permukaan bumi yang meliputi bentuk, luas, dan jarak antara satu tempat dengan tempat yang lain
3.    menunjukkan berbagai bentang alam pada suatu wilayah, seperti relief, pegunungan, gurun pasir, sungai, tanah, dan lain-lain
4.    menunjukkan kenampakan sosial budaya berupa jumlah dan persebaran, seperti jumlah dan persebaran tanah pertanian, persebaran permukiman, persebaran flora dan fauna, perkotaan, dan lain-lain.

Nah, sekarang kalian sudah tahu tentang peta. yuk kita main cari-carian kota di peta yang ada di rumah kalian.

(ben/net)

No comments: