Friday, September 26, 2014

Hore, 28 September 2014






Kalian tahu fotografi kan? Iya, kita biasa menyebutnya kegiatan memotret atau membuat foto dengan kamera.Sekarang banyak lho anak-anak yang menyukai fotografi. Jika kamu tertarik boleh juga.



Foto yang baik adalah foto yang bila dilihat mampu memberikan kesan yang dalam bagi yang melihatnya atau menikmatinya. Agar hasil foto kita indah dipandang dan mampu memberikan kesan positif dari yang melihatnya, ada beberapa unsur penunjangnya.



Salah satunya adalah komposisi. Komposisi adalah bagaimana cara si pemotret meletakkkan obyek foto ke dalam bingkai foto pada jendela bidiknya. Ada aturan standar yang dikenal oleh fotografer professional terkait dengan komposisi foto ini.



Tidak ada yang sulit jika kita mau belajar. Nah, khusus fotografi untuk anak pemula, sebaiknya kita pelajari dulu hal-hal ini.

1. Selalu menggunakan strap (tali) kamera saat berkenalan dengan kamera untuk menghindari kemungkinan kamera terjatuh.



2. Belajar cara memegang kamera yang baik sejak awal. Memegang kamera dengan tepat akan membantu mengurangi guncangan pada kamera saat memotret dan menghasilkan foto yang baik dan tajam.



3. Memotretlah dari jarak dekat dengan subjek foto. Sering kali pemotret pemula (termasuk anak-anak) memotret subjek fotonya dari kejauhan sehingga tampak terlalu kecil di dalam foto.



4. Memulai hunting foto dari rumah sendiri. Mainan, orang tua, adik, binatang peliharaan, dan taman bisa menjadi subjek foto yang menarik.



5. Foto sebanyak mungkin. Dengan kamera digital, banyak ‘menjepretkan’ kamera tidak dipusingkan oleh jumlah rol film yang harus dibeli layaknya kamera analog.
 


6. Coba kita menilai foto-foto yang dihasilkan bersama dengan orangtua di depan komputer. Kita juga  dapat minta diajarkan teori-teori dasar fotografi.



7. Jika memungkinkan, ayo gabung  di klub atau tempat kursus fotografi . Hal ini akan semakin melatih kemampuan fotografinya. Jika dilakukan dengan teman-teman seusia, akan terasa lebih menyenangkan. Ya, belajar bersama memang lebih meneyangkan.



8. Di Internet banyak sekali panduan untuk belajar fotografi bagi pemula. Cobaah belajar dari sana. Tentu akan banyak manfaatnya.


Selamat memotret ya.





No comments: