Friday, October 21, 2016

Hore, 23 Oktober 2016



Apa itu Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia?


Sudah tahu kan kalau Hari Sumpah Pemuda juga merupakan hari lahir bahasa Indonesia? Nah, untuk memperingatinya, pemerintah Indonesia melalui Badan Bahasa rutin menyelenggarakan Bulan Bahasa dan Sastra. Rangkaian kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra dihelat pada Oktober setiap tahun.

Kenapa sih harus ada Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia?

Jawabannya begini. Bahasa Indonesia lahir sebagai jembatan atas kemajemukan Nusantara. Di Indonesia kan ada ratusan bahasa daerah, jumlahnya sekira 442 bahasa daerah. Kebayang dong kalau kita ngomong dengan orang lain menggunakan bahasa daerah masing-masing? Pasti ribet. Makanya, bahasa Indonesia yang berakar dari bahasa Melayu ditetapkan sebagai bahasa penghubung (lingua franca) dan menjadi alat pemersatu bangsa.

Seiring perjalanan bangsa Indonesia, bahasa Indonesia juga turut berkembang dan menjadi modern. Akibatnya, bahasa Indonesia mulai tergusur penggunaan bahasa asing. Belum lagi bermunculan berbagai varian bahasa Indonesia lain seperti bahasa prokem, bahasa gaul hingga yang sekarang tren: vickisisasi. Karena itulah, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (BPPB) menggelar kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra sebagai salah satu upaya pengutamaan bahasa Indonesia sebagai identitas nasional. Tentu saja, tugas ini juga menjadi tanggung jawab kita semua, bukan hanya diemban BPPB.

"Kegiatan Bulan Bahasa dan Sastra yang diselenggarakan setiap tahun adalah upaya BPPB untuk membina dan mengembangkan bahasa dan sastra Indonesia, serta bertekad memelihara semangat dan meningkatkan peran serta masyarakat luas dalam menangani masalah bahasa dan sastra itu," demikian dinukil dari laman Badan Bahasa.

Selama sebulan, banyak kegiatan kebahasaan yang menarik kita ikuti. Kategori kegiatannya adalah sebagai ajang berkarya atau berekspresi, ajang peningkatan kualitas berbahasa Indonesia dan ajang perlombaan.Lingkup pesertanya pun tidak sebatas siswa, mahasiswa, guru dan dosen, tetapi juga masyarakat luas. Bahkan, warga negara asing bisa berpartisipasi melalui kegiatan lomba keterampilan berbahasa Indonesia bagi peserta Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA).

Biasanya, kegiatan pada Bulan Bahasa meliputi sepuluh agenda utama:

1. Pemberian Penghargaan Adibahasa. Penghargaan diberikan kepada pemerintah provinsi yang menunjukkan kesungguhannya dalam pengutamaan penggunaan bahasa Indonesia di tempat-tempat umum dan di dalam ranah kedinasan.

2. Penilaian Penggunaan Bahasa Indonesia di Media Massa Cetak (Tingkat Nasional).

3. Debat Bahasa Antarmahasiswa.Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengasah kemahiran berbahasa para mahasiswa dalam mengemukakan pendapat secara kritis dan argumentatif, terutama tentang isu kebahasaan dan kesusastraan mutakhir.

4. Pemilihan Duta Bahasa (Tingkat Nasional).Kegiatan duta bahasa dilaksanakan sebagai upaya melibatkan para pemuda dalam menjaga dan menyebarluaskan semangat kebangsaan melalui bahasa.

5. Parade Mural Cinta Bahasa Indonesia.Badan Bahasa mengajak berbagai pihak untuk mengisi ruang-ruang kosong di perkotaan dengan grafiti kebahasaan atau mural yang berisi imbauan atau ajakan untuk mencintai bahasa Indonesia dengan kata-kata bijak.

6. Sayembara Penulisan Proposal Penelitian Kebahasa an dan Kesastraan (Tingkat Nasional).Peserta yang proposal penelitiannya terpilih sebagai pemenang akan mendapatkan hadiah berupa uang sebagai bantuan biaya penelitian.

7. Sayembara Penulisan Cerpen Remaja (Tingkat Nasional).

8.Lomba Keterampilan Berbahasa Indonesia bagi Peserta BIPA (Tingkat Internasional).Forum bagi
pelajar asing agar dapat mempraktikkan kemampuan mereka dalam berbahasa Indonesia.

9. Lomba Blog Kebahasaan dan Kesastraan (Tingkat Nasional)Pemberian penghargaan kepada pembuat blog kebahasaan dan kesastraan yang bernilai unggul, baik dari sisi artistik, informatika, maupun kemanfaatan isi yang termuat di dalam blog tersebut.

10. Festival Musikalisasi Puisi bagi Siswa SLTA se-Jabodetabek.Musikalisasi puisi merupakan salah satu bentuk apre siasi puisi melalui musik. Kegiatan ini dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap sastra.

11. Puncak Acara.Dalam acara tersebut akan dilaksanakan, antara lain, pengumuman hasil kegiatan, pementasan seni budaya, serta persembahan karya kreatif kebahasaan dan kesastraan.

Nah, kegiatan apa yang kamu ikuti di Bulan Bhasa dan sastra Indonesia tahun ini?

No comments: