Friday, March 02, 2007

HORE, 4 Maret 2007


Manfaat Memelihara Ikan Hias

Kalian suka melihat ikan hias? Nah, bagaimana kalau kalian minta ayah dan ibu untuk membelikan akuarium, lalu kita memelihara ikan di dalamnya. Tentu saja jangan yang mahal-mahal seperti lou han ataupun arwana. Cukup ikan-ikan murah saja, yang penting bagus dilihat, karena ikan mudah sekali mati.

Tahu nggak, kalau rajin memelihara ikan, kita akan mendapat beberapa manfaat. Nah, sebelum ayah dan ibu membelikan akuarium dan ikan-ikannya, kita tentu harus berjanji tidak bosan memelihara ikan-ikan itu.


Disiplin

Cobalah kita membiasakan diri memberi makan ikan dua kali sehari dengan jenis makanan dan takaran yang tepat. Pelet untuk ikan mas koki atau koi serta udang dan ikan kecil untuk arwana. Kita jangan malu-malu meminta ayah dan ibu mengajari kita memberi makanan. Oh iya, ketika kita membeli ikan juga bisa bertanya sama penjual ikan lho.

Kita juga harus membiasakan diri membantu ayah dan ibu menguras dan mengganti air akuarium, serta kapan saja harus melakukannya. Perhatikan baik-baik langkah-langkah yang dilakukan saat menguras akuarium. Kurangi airnya terlebih dahulu, angkat ikan dari akuarium, keluarkan aksesoris akuarium untuk dibersihkan, dan jangan menggunakan sabun untuk membersihkan akuariumnya.

Kita juga bisa belajar mengecek kelayakan filter air dan kemampuan kerja pompa udara akuarium setiap hari. Coba minta ayah dan ibu cara mengganti filter aquarium pada waktu-waktu tertentu.

Kasih sayang

Setiap hari, kita jangan bosan mengamati ikan-ikannya. Siapa tahu ada yang sakit. Bila biasanya lincah sekarang tidak, ikan itu harus cepat dipisahkan dari ikan lainnya. Dari kebiasaan memperlakukan ikan dengan baik, kita bisa belajar tentang arti kasih sayang terhadap sesama makhuk hidup. Jika ada ikan yang sakit, kita harus belajar bagaimana merawatnya supaya bisa sembuh kembali.

Ilmu pengetahuan

Saat kita menjalankan hobi baru ini, kita juga akan mendapatkan pengetahuan baru kalau kita mau bertanya kepada orang-orang yang lebih mengerti. Seperti kenapa ikan air tawar tidak bisa hidup di air asin dan sebaliknya, kenapa air dalam akuarium tidak boleh diganti semua, hingga apa itu pH air. Asyik, kan?

Kita pun harus mengetahui kalau ikan juga membutuhkan vitamin tertentu supaya tetap bugar, selain ragam jenis dan cara berkembang biaknya. Malah tak menutup kemungkinan kita jadi tahu mana ikan berikut ciri-ciri detailnya menurut kepercayaan masyarakat tertentu, seperti ikan pembawa hoki.

Ketelitian

Dengan memperhatikan ikan setiap hari, ketelitian kita juga dilatih untuk melihat perbedaan kondisi masing-masing ikan. Apakah ikannya sakit atau tidak, kenapa dia tidak nafsu makan, misalnya. Dengan begitu, anak pun tahu kapan dia harus memberikan vitamin. Juga, vitamin apa saja yang harus diberikan kalau ikannya tidak bergairah, misalnya.

Oh iya, katanya dengan melihat gerakan ikan-ikan di akuarium juga bisa menangkan pikiran orangtua kita kalau lagi pusing. Jadi sebnearnya kita sudah menyediakan obat di rumah untuk orangtua kita ya kalau kita memelihara ikan hias di rumah.

Ayo siapa yang mau mulai memelihara ikan hias di rumah?

(benny rhamdani)

No comments: