Saturday, March 24, 2007

HORE, BP 25 Maret 2007


HORE!

Jangan Takut Bermain!

Kalian suka bermain? Ya, tentu saja. Apalagi bermain bersama teman-teman. Pasti menyenangkan. Memang, kadang-kadang orangtua kita tidak terlalu suka atau melarang kita bermain. Ssst, sebenarnya sih bukan dilarang bermainnya, tapi mungkin kita sering lupa waktu kalau bermain.

Tidak ada yang boleh melarang kita bermain. Mengapa? Karena bermain banyak meanfaatnya. Bahkan kita bisa belajar banyak hal dengan bermain. Yuk, kita ingat-ingat apa saja manfaat bermain.

Perkembangan fisik

Bermain secara aktif akan menguatkan otot-otot tubuh kita. Kelebihan energi yang kita miliki pun akan tersalurkan untuk melakukan hal-hal positif, sehingga mengurangi perilaku kita yang ingin merusak. Hm, bayangkan kalau kita tidak mau bermain. Otot-otot tubuh kita akan lemas karena sepanjang hari kita hanya tertidur atau duduk belajar.

Daya Khayal

Dengan berkhayal, penghayatan bermain kita akan menjadi lebih bermakna. Misalnya, bermain mobil-mobilan umumnya menimbulkan fantasi menjadi pembalap yang sedang berlaga di sirkuit. Semakin sering kita melatih imajinasi, kabarnya otak kita akan terlatih untuk berpikir cerdas. Banyak orang-orang pintar di masa kecilnya pandai berkhayal lho.

Mengembangkan Kreativitas

Saat bermain, kita seringkali menemukan pengalaman baru yang terekam dalam ingatan kita. Ingatan inilah yang kemudian akan ditemukan di luar dunia bermain kita. Misalnya, kita mengerti bentuk segitiga setelah bermain halma.

Bermain juga akan memberi kesempatan kita untuk bereksplorasi dengan lingkungan, sekaligus menambah wawasan. Banyak pengetahuan yang tidak didapat dari sekolah maupun rumah akan kita peroleh dalam interaksi dengan teman-teman sepermainan kita.

Belajar Bersosialisasi

Dengan bermain bersama teman-teman sebaya, kita akan belajar menjalin suatu hubungan pertemanan, termasuk memecahkan masalah bila terjadi konflik, saling berbagi, memberi dan menerima. Tentu saja banyak kejadian yang akan membuat hidup kita lebih berwarna dengan bermain bersama teman-teman. Ya, kalaupun ada marahan dengan teman-teman kita, pasti bisa kita selesaikan.
Bahkan, melalui jenis permainan kelompok, anak akan mulai mengenal cara berkomunikasi, bagaimana mengemukakan keinginan, dan belajar berkompromi dengan teman main kita.


Membentuk Kepribadian

Bermain juga akan membuat kita mengenal kemampuan dirinya. Apakah kita mampu mengimbangi permainan lawan atau tidak. Jika mampu, berarti kita memiliki peluang untuk memenangkan permainan. Jika tidak, kita akan belajar dan berlatih.
Saat bermain, kita diajarkan mengenal mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh. Dalam bermain, ada hal-hal yang harus dipatuhi, seperti tidak boleh curang dan mau mengakui kekalahan.

Nah, banyak sekali manfaat bermain itu. Jadi jangan pernah takut bermain. Yang penting kita harus ingat waktu. Karena menghabiskan waktu seharian untuk bermain juga bukan hal yang terpuji.

(benny rhamdani)

No comments: