Friday, October 30, 2009

Hore, 1 November 2009

Indahnya Negara Kepulauan Kita


Kalian tahu negara tercinta kita ini adalah kepulauaan, kan? Tahukah kamu artinya kepulauan? Apa bedanya dengan pulau?


Pulau adalah sebidang tanah yang lebih kecil dari benua dan lebih besar dari karang, yang dikelilingi air. Kumpulan beberapa pulau dinamakan pulau-pulau atau kepulauan (bahasa Inggris: archipelago).


Konvensi PBB tentang Hukum Laut Internasional tahun 1982, pasal 121 mendefinisikan pulau sebagai daratan yang terbentuk secara alami dan dikelilingi oleh air, dan selalu di atas muka air pada saat pasang naik tertinggi. Dengan kata lain, sebuah pulau tidak boleh tenggelam pada saat air pasang naik. Ada empat syarat yang harus dipenuhi agar dapat disebut sebagai 'pulau', yakni memiliki lahan daratan, dikelilingi oleh air dan selalu berada di atas garis pasang tinggi.


Dengan demikian, gosong pasir, lumpur ataupun karang, yang terendam air pasang tinggi, menurut definisi di atas tak dapat disebut sebagai pulau. Begitupun gosong lumpur atau paparan lumpur yang ditumbuhi mangrove, yang terendam oleh air pasang tinggi, meskipun pohon-pohon bakaunya selalu muncul di atas muka air.


Pulau memiliki sebutan bermacam-macam di Indonesia. Bentuk tidak bakunya adalah pulo. Kata pinjaman dari bahasa Sanskerta juga kerap digunakan, yakni nusa. Di lepas pantai timur Jawa orang menyebut pulau kecil sebagai gili.


Republik Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia, disusul kemudian oleh (tidak urut) Filipina, Jepang, dan Selandia Baru.


Pulau Mungil


Kamu pernah nyangka nggak kalo pulau terkecil di dunia itu justru ada di Indonesia? Indonesia yang terdiri dari banyak kepulauan ternyata memiliki pulau yang dianggap paling kecil di dunia! Nama pulau tersebut adalah Simping.



Tadinya nama pulau Simping adalah pulau Kelapa Dua, yang terletak di Teluk Mak Jantu, tepatnya berada dikawasan Sinka Island Park, Singkawang. PBB sendiri mengakui bahwa pulau mungil ini, ‘the smallest island in the world’, jadi keberadaannya sebagai pulau terkecil udah diakui oleh dunia internasional. Ada jembatan lumayan panjang untuk berjalan ke Pulau Simping yang dikelilingi batu-batu.


Selain itu Pulau Simping juga dikelilingi pemandangan pantai, laut dan perbukitan yang indah. Makanya pulau ini nggak pernah sepi pengunjung. Nah, kalo kamu lagi berkunjung ke Kalimantan, seru juga kan kalo liat langsung Pulau Simping ini. Dan untuk nyampe ke Pulau Simping, memerlukan waktu 3-4 jam dari kota Pontianak. Ada yang mau berwisata kesini?


Si Hijau Besar


Pulau terbesar di dunia adalah pulau Greenland yang memiliki luas 839.999 mil². Greenland dalam bahasa Inggris, atau Tanah Hijau (nama resmi: Kalaallit Nunaat, bahasa Denmark: Grønland), adalah sebuah pulau di Samudra Atlantik bagian utara di arah timur laut Kanada.


Pulau ini termasuk wilayah Kerajaan Denmark. Sejak tahun 1979, Tanah Hijau diberi kemandirian dan sejak tahun 1985 tidak lagi menjadi anggota Uni Eropa. Akan tetapi, Ratu Denmark masih tetap menjabat sebagai kepala negara. Ibukota Tanah Hijau adalah Nuuk.


Pulau Terpadat


Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia dimana sekitar 60% hampir penduduk Indonesia (sekitar 130 jt jiwa) tinggal di pulau yang luasnya hanya 7%.


Penduduk Pulau Jawa sebagian besar adalah suku Jawa dan suku Sunda. Suku Sunda terutama bermukim di sisi barat Pulau Jawa, sementara suku Jawa bermukim di sebelah tengah dan timur. Di sebelah barat Pulau Jawa ada pula banyak kantong-kantong komunitas suku Jawa atau suku bangsa yang berbahasa Jawa. Sedangkan di tengah pulau Jawa ada juga ditemukan kantun-kantong komunitas suku Sunda atau suku bangsa yang berbahasa Sunda, terutama di Kabupaten Brebes dan Kabupaten Cilacap. Selain itu ada pula suku Madura, dan suku Bali di Jawa Timur dan suku Betawi di sebelah barat Jawa di kota Jakarta dan sekitarnya.


Pulau Terindah


Bali kembali mengharumkan nama Indonesia. Setelah sebelumnya terpuruk lantaran tragedi pengeboman pada tahun 2002 dan 2005, kini Indonesia kembali berbanggga. Bali terpilih sebagai pulau terindah dalam jajak pendapat yang diadakan Majalah Travel Leisure yang berbasis di New York, Amerika Serikat.



Yang lebih membanggakan, Pulau Dewata yang pada jajak pendapat tahun 2008 menempati posisi kedua, mengalahkan salah satu pulau legendaris yang terkenal dengan keanekaragaman makhluk hidupnya, Galapagos. Galapagos juga disebut-sebut sebagai pulau yang "membantu" naturalis terkenal, Charles Darwin, menggagas teori evolusinya yang kontroversial.


Keberhasilan Bali mengalahkan Galapagos semakin mengukuhkan Pulau Dewata sebagai objek wisata yang diakui dunia. Selain Galapagos, ada beberapa pulau lain yang dikalahkan Bali. Sebut saja Cape Breton Island (Kanada), Kauai (Hawaii), Mount Desert Island (Amerika Serikat), Pulau Maui (Hawaii), Pulau Aeolian (Italy), Maldives, Big Island (Hawaii) dan Vancouver Island (Kanada).


Nah, karena banyak hal menarik dari pulau-pulau di Indonesia, mari kita jafga semuanya dengan baik. Jangan sampai pulau kita diakui egara lain lho.

(ben)

No comments: