Friday, October 23, 2009

HORE, 25 Oktober 2009

Festival Bunga di Dunia



Kalian suka bunga? Hm, umumnya anak perempuan suka sekali dengan bunga. Tapi tidak sedikit lho anak lelaki yag suka bunga. Bunga selalu disebut sebagai cermin keindahan dan juga wewangian. Banyak jenis bunga yang bertebar di dunia ini. Karena banyak yang suka bunga, banyak pula diadakan acara besar tentang bunga-bunga ini. Dimana saja?



Parade Mawar Pasadena



Pasadena adalah sebuah kota di wilayah Los Angeles, California, Amerika Serikat. Pasadena juga menjadi tempat diselenggarakannya Turnamen Parade Bunga Mawar, yang diadakan setiap tahun pada 1 Januari (kecuali bila hari itu jatuh pada hari Minggu, maka acara itu akan dipindahkan ke 2 Januari).


Parade pertama diadakan pada 1890 dan mulanya disponsori oleh Valley Hunt Club, sebuah klub sosial Pasadena. Dorongan untuk menyelenggarakan parade ini, seperti yang dikatakan oleh salah seorang anggotanya, Profesor Charles F. Holder, "Di New York, orang-orang terkubur di dalam salju. Di sini bunga-bunga kita bermekaran dan jeruk kita hampir berbuah. Marilah kita mengadakan festival untuk menceritakan kepada dunia tentang surga kita."


Parade Bunga Mawar ini, demikian orang banyak menyebutnya, masih menampilkan peserta dengan hiasan-hiasan yang sangat ramai. Menurut penyelenggaranya, Setiap inci dari setiap kendaraan peserta harus ditutupi dengan bunga atau dengan bahan-bahan alamiah lainnya, seperti daun-daunan, benih, atau kulit kayu. Para pekerja relawan mengerubuti kendaraan-kendaraan peserta pada hari-hari setelah Natal, dan tangan-tangan serta pakaian mereka penuh dengan lem dan kelopak bunga. Bunga-bunga yang paling rentan ditempatkan di masing-masing cawan air, yang ditempatkan di kendaraan peserta satu per satu.



Festival Sakura



O-Hanami atau festival bunga sakura bagi orang Jepang merupakan hal sangat dinanti. Festival ini dirayakan setiap akhir bulan Maret dan awal bulan April. Keindahan bunga sakura yang bermekaran merupakan kebanggaan tersendiri bagi orang Jepang. Bahkan mereka menganggap bunga sakura adalah bagian jiwa mereka. Karena itu, mekarnya bunga sakura menjadi moment yang paling spesial.



O-hanami juga dipakai sebagai tanda datangnya musim semi serta dimulainya tahun ajaran baru. Para remaja wanita tidak ketinggalan menggunakan kesempatan ini untuk mengeluarkan kimono-kimono baru mereka dan menggunakannya sepanjang perayaan.

Merayakan musim bunga sakura memang sudah dimulai sejak Periode Nara (710-784) yang sebenarnya datang karena pengaruh Dinasti Tang dari Cina. AWalnya mereka lebih mengagum bunga Ume. Tapi saat periode Heian, sakura mulai menarik perhatian orang Jepang. Mulai dari situ O-hanami menjadi festival yang rutin dirayakan setiap tahun.

Mekarnya bunga sakura juga dijadikan sebagai ritual keagamaan & digunakan sebagai tanda dari akhir tahun serta dimulainya musim bercocok tanam. Karena itu, banyak orang-orang Jepang yang berdoa di kuil atau berdoa di bawah pohon sakura.

Pada periode Heian, hanya kalangan bangsawan yang selalu merayakan O-hanami ini. Kebiasaan ini kemudian masuk ke kalangan samurai & akhirnya menyebar sampai kalangan rakyat dari berbagai golongan pada periode Edo.

Perayaan O-hanami sedikit demi sedikit mulai berubah tujuannya. Dari merayakannya untuk ritual agama, menjadi bagian dari gaya hidup para samurai & kemudian menjadi alat untuk memperkuat kekuasaan. Sedangkan di jaman modern ini, O-hanami lebih kepada acara pribadi &merupakan kesempatan untuk berkumpul & bersenang-senang.


Bandung Blossom



Di Bandung, Jawa Barat, juga ada parade bunga yang dikenal dengan nama Bandung Blossom. Ratusan kendaraan dan puluhan delman dihiasi bunga berparade mengelilingi kota Bandung. Bandung Blossom ini merupakan salah satu acara pada peringatan HUT Kota Bandung. Parade bunga ini bertujuan untuk mengembalikan citra Bandung sebagai kota kembang.



Pada jaman Hindia Belanda doeloe sebenarnya acara parade bunga seperti ini juga sudah diadakan. Justru parade bunga jaman sekarang menghidupkan kembali acara yang sudah lama hilang.


Daerah lain di Indonesia yang mengadakan parade bunga adalah di Tomohon,Sulawesi Utara dan kota-kota besar lainnya seperti Jakarta. Hm, kapan ya kira-kira acara ini bisa diadakan di Palembang?

(ben)

No comments: