Friday, January 10, 2014

HORE, 12 Januari 2014


Kursi Goyang Bukan Kursi Hantu

Kalian pernah lihat kursi goyang? Atau malah pernah duduk di kursi goyang. Tapi sekarang banyak lho yang takut dengan  kursi goyang karena dikira ada hantunya. Padahal kursi goyang adalah kesukaan presiden John F. Kennedy.

Kursi goyang adalah sejenis kursi dengan dua lengkungan yang melekat pada bagian bawah kaki, menghubungkan kaki di setiap sisi dengan sisi lainnya. Kursi ini sangat unik karenahanya bertumpu di lantai  pada dua titik dan  memberikan penghuni kemampuan untuk jugkat-jungkit  dengan menggeser berat badan atau mendorong ringan dengan  kaki. Kursi goyang umumnya terbuat dari kayu.  

Kursi goyang bekerja seperti halnya kuda-kudaan dari kayu. Sehingga sering disukai anak-anak karena saat duduk tubuh kita terayun. Tapi sebenarnya kursi goyang awalnya dibuat untuk para bangsawan maupun pejabat.

Banyak orang dewasa menemukan ketenangan   saat duduk di kursi goyang karena gerakan lembutnya. Gerakan kursi  goyang mengingatkan otak bahwa keselamatan dan kenyamanan terasa ketika terayun di gendongan ibu saat dirinya masih bayi.  Mungkin juga merasakan ayunan saat masih dalam rahim.                          
   

Sejarah Kursi Goyang

Meskipun penemu Amerika Benjamin Franklin deing disebut sebagai penemu kursi goyang, namun sejarawan memperkirakan kursi goyang sudah diciptakan pada awal abad ke-18, ketika Franklin masih kecil. Mereka awalnya digunakan dalam kebun dan hanya kursi biasa dengan kayu pengayun. Pada tahun 1725 kursi goyang pertama kali muncul di Inggris. Produksi kursi goyang mencapai puncaknya di Amerika selama pertengahan abad ke-18. 

Michael Thonet , seorang pengrajin Jerman, menciptakan pertama kursi goyang gsy bau pada tahun 1860. Desain kursi goyangnya dipengaruhi oleh desain Yunani dan Romawi serta Renaissance. Selama tahun 1920-an,  kursi goyang lipat menjadi lebih populer di AS dan di Eropa. Mereka berguna untuk kegiatan di luar ruangan dan tujuan perjalanan. Pada 1950-an, kursi goyang dibangun oleh Sam Maloof , seorang pengrajin AS, menjadi terkenal karena daya tahan mereka dan penampilan mewahnya. Kursi goyang Maloof  berbeda karena kakinya menyerupai papan ski.

Presiden Amerika John F. Kennedy membuat  perusahaan kursi goyang yang sangat terkenal. Presiden disarankan dokter untuk mengunakan kursi goyang pada tahun 1955 karena menderita masalah punggung. Presiden begitu menikmati kursi goyang, sampai-sampai ia membawanya di pesawat kepresidenan  Air Force One saat ia melakukan perjalananke  seluruh dunia. 

Presiden Kennedy  sering memberi hadiah kursi goyang  kepada teman dan tamu kepala negara lainnya. Itu sebabnya kursi goyang makin terkenal ke seluruh dunia.



Kursi Goyang Hantu

Belakangan kursi goyang selalu dikaitkan dengan hantu. Itu disebabkan karena di beberapa film, sering diperlihatkan kursi goyang yang bisa bergoyang sendiri. Di sosial media sering ditulis pula kisah-kisah penampakkan hantu di kursi goyang. Bahkan di youtube pun demikian.

Sesungguhnya, dengan cara kerja fisika, beberapa jenis kursi goyang akan mudah bergoyang sendiri bisa ditiup angin. Jadi bukan karena hantu. Jadi kalian tidak usah takut dengan kursi goyang. Tapi hati-hati juga duduk di kursi goyang. Jangan menggoyang terlalu keras. Nanti malah bisa terguling.

No comments: