Thursday, January 30, 2014

Hore, 2 Februari 2014


Pernak-Pernik Imlek


Apakah kalian merayakan tahun baru Imlek? Kalau yang tidak merayakan, pasti ingin tahu ada apa saja sih pada perasaam Imlek itu, kan? Nah, ini dia beberapa pernik yang bisa kalian lihat.
 
Perayaan Imlek memiliki sejarah panjang. sejarah yang kemudian membuat budaya yang dibawa dari china ini dirayakan hampir diseluruh dunia. ini disebabkan china merupakan negara dengan masyarakat yang banyak dan suka merantau, hingga menyebabkan hampir di setiap negara terdapat orang china maupun china keturunan. dan disamping itu mereka membangun pecinan.
  
Imlek berasal dari bahasa Hokkian yaitu: Im yang berarti bulan, dan Lek yang berarti  penanggalan. Sejarah perayaan Imlek atau tahun baru China sebenarnya berasal dari Tiongkok yang merupakan perayaan Musim Semi atau dalam bahasa aslinya disebut Chung Chie. Perayaan ini diiringi ritual bernama La (hari terakhir dalam satu tahun pada saat panen raya sudah dirampungkan dan sebagai ungkapan rasa syukur, orang Tionghoa memberikan sesaji kepada para dewa dan leluhur). Perayaan Imlek biasanya jatuh pada akhir Januari sampai awal Februari.

Negeri Tiongkok dikenal sebagai negara agraris. Setelah musim dingin berlalu, masyarakat mulai bercocok tanam dan panen. Tibanya masa panen bersamaan waktunya dengan musim semi, cuaca cerah, bunga-bunga mekar dan berkembang. Lalu musim panen ini dirayakan oleh masyarakat. Kegembiraan itu tergambar jelas dari sikap masyarakat yang saling mengucapkan Gong Xi Fa Cai, kepada keluarga, kerabat, teman dan handai taulan. Gong Xi Fa Cai artinya ucapan selamat dan semoga banyak rejeki dan perlu diketahui perayaan imlek selanjutnya ditutup dihari ke 15 setelah tahun baru dengan pertunjukan Cap Go Meh yang meriah di sepanjang jalan hingga Klenteng di tiap daerah.

Disamping sejarah Imlek di atas, juga terselip legenda bahwa perayaan Imlek juga mensyukuri dijinakannya makhluk raksasa 'Nian'. Makhluk ini ditangkap oleh Hongjun Lao Tze, seorang pendeta Tao. Nian kemudian menjadi hewan tunggangan Hongjun Lao Tze.

Memberikan Angpao

Memberi Angpao di perayaan Imlek sangat penting. biasanya orang tua atau yang sudah punya penghasilan akan memberikan uang kertas yang baru kepada anak- anak, keponakan, saudara, tetangga hingga orang miskin.

Mie  Panjang

Mie yang panjang saat Imlek akan mendatangkan umur yang panjang. Karena itu jangan siapkan mie instan yang kriting supaya hidup tidak pendek dan berliku seperti bentuk mie.

Bersih-bersih Rumah

Sehari sebelum Imlek perlu menyapu rumah sebagai simbol membuang semua kesialan sehingga tersedia cukup ruang untuk keberuntungan. Setelah itu, jauhkan semua peralatan seperti sapu dan sikat dari jangkauan. Jangan menyapu rumah di hari pertama tahun baru karena hal itu dipercaya akan ikut menyapu semua keberuntungan.

Berwarna Merah

Jika dilihat pasti saat perayaan Imlek penuh dengan warna merah dari pakaian, ornamen hingga angpao. Ini disebabkan hewan 'Nian' katanya takut dengan warna 'darah' ini alias warna merah.


Barongsai

Menurut bahasa Cina, Sai artinya Singa dan dianggap sebagai Raja binatang. Ceritanya dulu di Negeri Tiongkok, di setiap rumah pejabat tinggi ada dua patung Singa. Di samping untuk menjaga keselamatan, patung Singa dinilai membawa kemegahan, sekaligus juga membawa kebahagian dan rezeki

 Cap Go Meh

Cap Go Meh merupakan tradisi yang mungkin paling ditunggu masyarakat yang bukan china keturunan. dimana dalam Cap Go Meh beberapa orang akan dimasuki oleh dewa mereka dan akan beratraksi memotong - motong badan mereka yang kebal hingga menusukkan jarum ke lidah

No comments: