Friday, January 24, 2014

Hore, 26 Januari 2014

Yuk, Jadi Penyiar Radio dan TV


Apakah kalian suka mendengar radio atau nonton televisi? Nah, biasanya setiap acar di radio dan televisi ada pembawa acaranya atau biasa disebut penyiar. Saat ini, penyiar radio dan televisi juga bisa dari anak-anak lho. Tentu saja yang dibawakan acara untuk anak-anak.

Kebanyakan beranggapan bahwa akan sulit untuk bisa menjadi seorang penyiar radio maupun televisi. Akan tetapi, asalkan ada kemauan dan keyakinan, maka tidak ada hal yang tidak mungkin. Ada beberapa hal penting yang perlu kita ketahui jika ingin menjadi penyiar radio maupun televisi. 


 Percaya Diri (PD) 

Percaya diri adalah kunci utama untuk menjadi seorang penyiar. Harus mempunyai keyakinan dan tekad yang tinggi ketika memutuskan untuk menjadi seorang penyiar. karena  kita sudah pasti akan gagal jikalau dari awal saja sudah merasa ragu-ragu dan  minder. Percaya diri saja bahwa kita pasti bisa. Memang sudah pasti akan ada rasa deg-degan, tapi bulatkanlah tekad dan yakinlah kita pasti bisa melakukannya.

Pengetahuan yang Luas

 Salah besar jika beranggapan dengan memiliki suara yang enak didengar dan memiliki fisik yang hampir sempurna (tinggi, putih, cantik/ganteng, dll) merupakan hal yang sangat penting dan diperhatikan. Berdasarkan prinsip dasar broadcasting yaitu menyampaikan pesan, berita maupun info ringan, maka sudah dipastikan bahwa seorang penyiar harus memiliki pengetahuan yang luas dalam hal apa pun. Apalah artinya jika seorang penyiar memiliki kesempurnaan pada vokal dan fisik tetapi dangkal pengetahuannya? Oleh karena itu, kita harus banyak membaca koran, nonton berita di televisi, dan rajin-rajinlah searching info apa pun yang menarik di Internet.


Pergaulan yang Luas
 
Perbanyaklah teman, karena akan ada banyak info yang  akan kita dapatkan. Kita  tidak akan bisa sukses menjadi seorang penyiar apabila lingkup pergaulan hanya seputar rumah ataupun sekolah saja. Pergunakanlah media pergaulan online yang sekarang sudah semakin banyak dan ramai dipergunakan oleh kebanyakan orang. 

Mengenali  Radio atau Televisi

Jika kita  tidak mempunyai pengetahuan apa-apa tentang radio ataupun televisi, maka sama saja kita akan membuat malu diri sendiri. Pelajarilah segala sesuatu yang berhubungan dengan radio dan televisi.


 Mampu Bekerjasama 

Penyiar tidak bekerja sendiri. Dalam sebuah acara biasanya ada tim. Oleh karena itu, kita harus bisa bekerja sama dengan tim .  Kitabisa menganggap tim  sebagai keluarga. Karena bagaimana pun juga akan saling berhubungan dan berinteraksi lebih banyak dengan tim  (scriptwriter, teknisi, produser, dll).

Jadilah Diri Sendiri

Originalitas merupakan point yang banyak dicari dan dibutuhkan dalam industri radio atau televisi khususnya untuk menjadi seorang penyiar. Jadilah diri sendiri, jangan meniru gaya penyiar yang sudah ada. Temukanlah gaya kita sendiri, karena semakin berbeda maka semakin mempunyai nilai lebih. Keaslian gaya kita bisa dilihat dari gaya bicara, penyampaian pesan, gaya duduk, penampilan, dan lain-lainnya. Jika memungkinkan, jadikan diri kita sebagai trendsetter bagi audien.

Ada yang mau mencoba?

(ben/net)

No comments: