Saturday, April 28, 2007

29 April 2007


Ketika Aku Sakit

Teman-teman, bagimana rasanya ketika kita sakit? Tidak menyenangkan, bukan? Apalagi jika kita harus lebih banyak istirahat di tempat tidur atau malah menginap di rumah sakit. Nah, biar kita tidak cepat bosan saat sakit, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.

Bersabar dan Berdoa

Apa kalian suka mengeluh dan terus menerus berteriak ketika sakit? Cobalah menguranginya dan sebaiknya kita berusaha lebih sabar menerima kondisi yang tak sehat itu. Kita harus yakin, bahwa sakit yang kita dapat merupakan sebuah ujian dari Tuhan. Ya, mungkin karena kita selama ini kurang bisa menjaga kesehatan, jarang berolahraga ataupun tidak pernah bersyukur dengan kesehatan yang kita miliki.

Cobalah lebih banyak berdoa ketika kita sakit. Mintalah kepada Tuhan agar menyembuhkan penyakit kita. Mintalah teman-teman atau saudara agar mendoakan kesembuhan kita. Dengan banyak berdoa, kita akan semakin bersemangat agar cepat sembuh.

Patuhi Nasehat Dokter

Kalau sakit tentunya kita harus meminta ayah dan ibu mengantar ke dokter. Ya, nanti dokter akan memeriksa tubuh kita untuk mengetahui penyakit kita dan mencari penyebabnya. Cobalah dengarkan nasehat dokter agar kita cepat sembuh. Misalkan dokter meminta kita istirahat, ya kita harus istirahat. Bahkan kalau dokter menyarankan kita agar tidak bersekolah dulu pun harus kita patuhi.

Jika penyakitmu mudah menular, ada kemungkinan dokter tidak akan mengijinkanmu bertemu banyak orang lain dulu. Bahkan mungkin kamu harus menginap di ruma sakit. Hal itu tentu harus kita patuhi juga.

Dokter juga biasanya menasehati kita untuk pantang makan sesuatu yang bisa membuat sakit kita bertambah parah. Misalnya ketika kita batuk, pasti dokter akan melarang kita mimum es. Ya, kita ahrus patuhi. Dokter tentunya punya alasan yang bisa kita tanyai mengapa kita dilarang. Kita juga harus mau menuruti ketika dokter meminta kita memakan sesuatu yang biasanya kita tidak sukai. Misalnya karena radang tenggorokan kita harus makan bubur nasi.

Disiplin Minum Obat

Saat sakit biasanya kita harus minum obat. Memang ada obat yang pahit, ada juga yang manis. Kita tidak perlu malas memnium obat yang pahit sekalipun karena tujuannya demi kesehatan kita. Obat pahit itu hanya akan terasa sesaat ketika melewati lidah saja. Tetapi begitu kita minum air putih, rasa pahit itu akan hilang. Masa kalian lebih suka merasakan sakit berlama-lama ketimbang minum obat yang pahitnya sebentar.

Ada beberapa jenis obat yang harus dihabiskan sesuai pemberian dokter meskipun kondisi kesehatan kita membaik. Sebaiknya kita harus habiskan. Misalnya saja beberapa jenis obat antibiotika. Tanyakan kepada orangtua kita mengenai kepastiannya.

Kegiatan Positif

Saat sakit biasanya secara otomatis tubuh kita melamah sehingga kita malas beraktifitas. Meski demikian bukan berarti kita tidak bisa melakukan kegiatan positif. Misalnya, saja membaca buku. Karena kita sedang sakit, sebaiknya jangan membaca buku yang memusingkan. Baca saja buku-buku cerita ringan atau majalah anak-anak. Kita juga bisa menulis puisi atau menulis cerita yang pendek-pendek.

Kita juga bisa mencoba beberapa permainan yang tidak terlalu memerlukan kegiatan gerak. Tapi bisa dilakukan sambil duduk misalnya main game station, puzzle, atau mainan ringan lainnya.

Lebih Dekat

Saat sakit, biasanya ayah dan ibu akan lebih banyak meluangkan waktu untuk kita. Nah, cobalah untuk lebih dekat dengan mereka. Mintalah mereka bercerita tentang pengalaman ketika sakit di masa kecil atau cerita-cerita lucu di masa kecil. Kita juga bisa minta hal yang sama dari nenek, paman, kakek, tante atau siapapun yang kebetulan menjenguk kita. Bahkan terhadap teman-teman sekelas yang menjenguk pun bisa kita mintain mereka bercerita.

Manfaatkanlah agar kita lebih dekat lagi dengan orang-orang yang kita cintai. Ya, siapa tahu ketika kita sehat memang tak pernah memikirkan hal itu.

Wah, mudah-mudahan kalian jadi lebih tahu apa yang akan dilakukan ketika sakit. Eits, tentu saja yang lebih penting adalah menjaga kesehatan kita. Caranya? Jagalah kebesrihan, banyak berolahraga, makan dan minum yang sehat, dan istirahat yang cukup.

(benny rhamdani)

No comments: