Saturday, April 14, 2007

Hore, 15 Aprl 2007


Cita-citaku Jadi Antariksawan

Apakah kalian pernah membayangkan pergi ke luar angkasa? Atau kalian ingin mennerbangkan pesawat luar angkasa? Apakah justru kalian ingin berjalan-jalan di bulan? Ya, keinginan kalian bias terwujud kalau kalian nanti jadi antariksawan

Antariksawan adalah sebutan bagi orang yang telah menjalani latihan dalam program penerbangan antariksa manusia untuk memimpin, menerbangkan pesawat, atau menjadi awak pesawat antariksa. Istilah "astronot" juga kadang digunakan untuk merujuk secara spesifik kepada antariksawan yang berasal dari Amerika Serikat berbeda dengan seorang kosmonot yang berasal dari Uni Soviet/Rusia. Semenjak tahun 2003 dikenal pula istilah taikonot (meski bukan istilah resmi pemerintah RRC), antariksawan dari China. Taikonot pertama adalah Yang Liwei.

Antariksawan-antariksawan pertama, baik di AS maupun Uni Soviet, biasanya merupakan pilot pesawat tempur - umumnya pilot-pilot penguji - dengan latar belakang militer. Antariksawan militer biasanya menerima tanda kualifikasi khusus, dikenal di AS dengan nama Astronaut Badge setelah menyelesaikan latihan dan mengikuti penerbangan ke luar angkasa.

Lebih dari 32 negara sudah pernah mengirimkan antariksawannya ke luar angkasa. Hingga kini (April 2007), sembilan belas antariksawan telah tewas dalam misi perjalanannya, dan setidaknya sepuluh antariksawan telah meninggal dalam kecelakaan latihan di darat.

Antariksawan Internasional

Hingga akhir 1970-an hanya orang-orang Amerika dan Soviet yang merupakan antariksawan aktif. Pada 1976 pihak Soviet memulai program Intercosmos dengan sebuah kelompok yang terdiri dari 6 antariksawan dari negara-negara sosialis lainnya, diikuti kelompok kedua yang berlatih pada 1978. Pada sekitar waktu yang hampir sama pada 1978 Badan Luar Angkasa Eropa memilih 4 antariksawan untuk berlatih untuk misi Spacelab pertama mereka di pesawat ulang alik NASA. Pada 1980 Perancis memulai pemilihan antariksawan mereka (mereka dipanggil "spasionot"), diikuti oleh Jerman pada 1982, Kanada pada 1983, Jepang pada 1985 dan Italia pada 1988.

Yuri Alekseyevich Gagarin (9 Maret 1934 - 27 Maret 1968) adalah seorang kosmonot Uni Soviet. Ia lahir di Gzhatsk, Rusia. Pada tanggal 12 April 1961, Gagarin merupakan manusia pertama yang pergi ke luar angkasa dengan pesawat roket Vostok 1. Ia meninggal ketika sedang melakukan latihan dengan pesawat MiG-15 dekat Moskwa, 1968.

Neil Alden Armstrong (lahir pada 1930 di Ohio, Amerika Serikat) adalah astronot AS, dan orang pertama yang menjejakkan kaki di Bulan. Pada 20 Juli 1969, Neil Armstrong dan Buzz Aldrin mendarat di Bulan dengan kendaraan udara kecil, yang telah dikirim ke bulan dengan roket Saturn V. Mereka berdua berjalan di Bulan, dan jutaan orang menonton peristiwa ini dari TV.

Turis Antariksa

Saat ini , orang tidak harus capek-capek ikut pendidikan yang lama. Ya, salakan punya uang. Rusia punya cara kreatif untuk membiayai program luar angkasanya. Dengan membayar biaya sekitar US$ 20 juta atau sekitar rRp200 milyar, siapa saja bisa mengikuti penerbangan antariksa Rusia. Dengan cara ini pula, Dennis Tito, seorang milyarder asal AS, akhirnya bisa tercatat sebagai turis antariksa yang pertama dalam sejarah. Belakangan, Rusia berniat menjadikan program "turis antariksa" ini sebagai salah satu cara untuk memperoleh dana segar guna melanjutkan program luar angkasanya.

Tapi kalau kalian tidak punya uang sebanyak itu, berarti kalian harus tekun belajar dan menjaga kesehatan. Indonesia pernah punya seorang astronot wanita berama Pratiwi Sudharmono. Rencana keberangakatannya gagal karena krisis moneter.

Nah, siapa tahu kalian bias menjadi pengganti beliau!

(benny rhamdani)

No comments: