Saturday, April 21, 2007

Hore, 22 April 2007



Sejarah Panjang Sabun Mandi


Kalian tahu nggak ternyata sabun yang setiap hari kita pakai untuk mandi ternyata memiliki sejarah yang amat panjang.
Sabun pertama kali ternyata dibuat dari lemak yang dipanaskan dengan abu. Para ahli menemukan bejana dari tanah liat yang dalamnya ada sabun mula-mula itu, ketika mereka menggali kota Babylon kuno. Diperkirakan benda tersebut merupakan peninggalan tahun 2800 SM.
Orang Mesir kuno juga sudah mandi secara teratur. Ini diketahui dari Ebers Papyrus, yaitu dokumennya orang Mesir dari tahun 1500 SM. Sabun yang mereka pakai itu berasal dari campuran minyak hewan dan minyak tumbuhan dengan garam. Mereka menggunakan sabun itu selain untuk mandi juga untuk perawatan kulit.
Bagaimana dengan orang Yunani ? Eh mereka tidak pakai sabun, tapi mereka membersihkan tubuh dengan tanah liat, pasir, batu apung, dan abu. Apa nggak tambah kotor? Tunggu dulu, abis itu mereka menyiram dengan minyak, dan menghilangkan minyak yang melekat dan kotoran dengan alat dari metal yang disebut strigil.
Sementara orang Roma lain lagi. Prajurit Roma membuat saluran air pada tahun 312 SM untuk mandi. Mereka mandi kayak raja-raja, sangat lux dan mandi menjadi sesuatu yang popular. Orang Romawi membuat sabun dari batu kapur yang dipanaskan. Kapur tersebut kemudian ditaburkan ke atas abu kayu yang masih panas dan diaduk rata. Selanjutnya dimasukkan dalam air panas dan mendidihkannya dengan tambahan beberapa potong domba selama beberapa jam. Ketika lapisan buih berwarna cokelat kotor yang tebal terbentuk di permukaannya, dan menjadi keras setelah mendingin, mereka memotong-motong lapisan keras tadi. Jadi deh sabun. Namun, setelah kejatuhan dari kekaisaran Roma pada tahun 467 masehi, kebiasaan mandi menjadi luntur. Maka pembuatan sabun juga mulai tidak populer. Terutama lagi pada masa kegelapan di abad ke-14.
Pada abad ke-17, mandi mulai menjadi suatu mode di Eropa. Di Jepang pada jaman pertengahan, mandi sudah menjadi suatu tradisi. Dan di Iceland, kolam air hangat dari sumber air panas menjadi sangat popular, terutama saat weekend.

Pabrik Sabun Pertama
Pabrik sabun pertama kali itu ada di Eropa (Italia, Spanyol, dan Prancis) pada abad ke-7. Dalam proses pembuatannya mereka dijaga oleh tentara, karena formulanya dianggap rahasia. Inggris mulai membuat sabun pada abad ke-12. Sementara Amerika membuat sabun pada tahun 1608.
Sabun pertama kali di-patent-kan oleh Nicholas Leblanc, seorang kimiawan dari Prancis, pada tahun 1791. Leblanc, membuat sabun soda abu (atau nama kerennya natrium karbonat) dari garam. Hal ini menyebabkan biaya produksi menjadi rendah. Michel Eugene Chevreul dari Prancis, tidak mau kalah. Pada 20 tahun kemudian, dia membuat sabun dari lemak, gliresin, dan asam lemak. Pembuatan sabun secara modern dengan proses ammonia dilakukan oleh ahli kimia Belgia, namanya Ernest Solvay.
Hingga memasuki abad ke-19, sabun menjadi barang yang mahal, karena dikenakan pajak yang tinggi. Namun setelah itu, sabun menjadi hal yang umum setelah pajak untuk sabun dicabut dan biaya produksi untuk membuat sabun semakin murah. Tahun 1916, detergen sintetis pertama kali dikembangkan di Jerman. Kemudian di awal tahun 1930an, Amerika memproduksinya secara masal untuk rumah tangga.
Pada tahun 1946, surfaktan mulai dikenalkan. Surfaktan itu adalah bahan campuran sabun, yang membantu membersihkan kotoran secara lebih efektif. Sekitar tahun 1970-an barulah sabun cair ditemukan.

Biar Lebih Bersih
Ya, kalian tentunya dibiasakan mandi sehari dua kali demi menjaga kesehatan tubuh kita, khususnya kulit. Nah, agar lebi bersih lagi mandinya, kalian harus menyabuni tubuh kalian saat mandi. Tentu saja kalian harus memilih sabun yang cocok. Saat ini sudah tersedia berbagai jenis sabun mandi. Ada yang wangi ada juga yang biasa saja. Ada yang cair, juga yang banyak busanya.
Jika kalian bermasalah dengan sabun yang kalian gunakan, misalnya kulit menjadi kering atau gatal, kalian harus segara memberitahukan ibu atau ayah. Sebaiknya kita tidak sering-sering berganti-ganti jenis sabun. Kalau sudah cocok dengan satu jenis, teruslah pakai jeis tersebut.
Selamat mandi pakai sabun ya!
(benny rhamdani)

No comments: